Hartopo Lepas Kontingen Jamnas Kudus

KBRN, Kudus : Sebanyak 16 peserta kontingen Kwarcab Kudus dilepas untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI. Kontingen terdiri dari dua regu, masing-masing 8 putra dan 8 putri. Mereka adalah Pramuka Penggalang terpilih yang telah melalui seleksi untuk perwakilan siswa-siswi SMP/MTs se-Kabupaten Kudus. Bupati Kudus, Hartopo, bersama Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni, melepas kontingen tersebut di pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (10/8/2022).   

Bupati Kudus, Hartopo menyampaikan selamat kepada para peserta terpilih yang telah melalui seleksi ketat. Menjadi peserta jambore adalah kesempatan emas yang nantinya dapat memberikan pengalaman berharga. Ia teringat ketika masih bersekolah SMP pernah berkeinginan menjadi peserta jambore. 

"Selamat adik-adik terpilih setelah melalui seleksi ketat. Teringat ketika masih SMP, saya melihat teman yang ikut jambore itu menjadi ikut terinspirasi. Maka ini merupakan kesempatan emas untuk memperkaya pengalaman," katanya.

Selama mengikut kegiatan Jamnas, para peserta diharapkan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur kearifan lokal. Hartopo berpesan agar peserta selalu menunjukkan sikap ramah dan toleransi sebagai cerminan masyarakat Kudus. Dengan tindakan tersebut maka dapat terjalin pertemanan baru bahkan persaudaraan.

"Disana kumpul dengan peserta seluruh Indonesia. Maka harus ditunjukkan sikap keramahaman dan toleransi yang merupakan nilai kearifan lokal Kabupaten Kudus," pesannya.

Dalam situasi masih pandemi, Hartopo juga mengimbau peserta dan pendamping untuk selalu menjaga prokes dan kesehatan fisik. Pasalnya untuk rangkaian kegiatan jambore nasional membutuhkan banyak stamina dan konsentrasi. Para pendamping diminta selalu memberi perhatian penuh untuk setiap kebutuhan peserta.

"Tak kalah penting, jaga kesehatan. Pendamping bisa sering mengingatkan, tidak apa-apa demi kesehatan adik-adik, dan jangan lupa tetap prokes," pesannya.

Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni berpesan kepada kontingen Kabupaten Kudus untuk semangat mengikuti rangkaian kegiatan Jambore. Meski persiapan sudah dilakukan seratus persen, ia berpesan supaya kesehatan dan stamina tetap dijaga. Dirinya yakin para peserta bisa menunjukkan performa terbaik dan pulang membawa harus nama Kabupaten Kudus.

"Persiapan yang dua minggu sudah seratus persen. Yang penting jaga kondisi dan kesehatan, always semangat," pesannya.

Salah satu peserta regu putra, Yafi, mengaku senang dapat mengikuti jambore nasional setelah melalui seleksi dan pembekalan. Ia yang merupakan siswa kelas sembilan, SMP 2 Kudus, mengungkapkan telah melakukan persiapan yang sangat matang baik secara fisik dan mental. Oleh sebab itu, Yafi bersama teman-temannya yakin dapat kompak ketika mengikuti Jamnas nanti.

"Sudah dilatih terus dikarantina di bumi perkemahan. Teman-teman (Regu) bukan dari satu sekolah tapi sudah akrab kenal, dan pasti bisa kompak," ucapnya dengan rasa percaya diri.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera kontingen Kwarcab Kudus serta penyematan atribut kontingen berupa jaket yang didesain secara khusus oleh Ketua Kwarcab. Tak lupa, para peserta diberi uang saku oleh Bupati Kudus dan Ketua Kwarcab sebagai penambah semangat. (RK)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar