Berantas Mafia Tanah, Hadi Tjahjanto Sebut Pentingnya Sinergitas 4 Sektor

KBRN, Semarang : Menteri ATR/BPN RI Hadi Tjahjanto membeberkan cara jitu mengatasi mafia tanah yang biasa terjadi dalam proyek strategis nasional (PSN). Salah satu yang ditekankannya adalah sinergitas 4 sektor, yakni BPN, Pemerintah Daerah, Aparat Penegak Hukum, dan Badan Peradilan. 

"Kalau sudah bersinergi dan tidak ada yang "Masuk Angin" maka semua pasti berjalan baik. Tapi kalau ada satu yang masuk angin maka disitulah mafia tanah masuk. Makanya saya perintahkan agar kepala Kanwil atau Kantah (kantor Pertanahan) BPN dapat masuk dalam Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Plus," tegasnya ditemui di Kanwil ATR/BPN Jateng, Kota Semarang, Selasa (5/7/2022). 

Menurutnya, saat ini salah satu fokus kerja yang dilakukan yakni mendukung kelancaran PSN agar tepat waktu dan sasaran. Apalagi di Jateng banyak proyek pemerintah pusat yang akan melaksanakan pembebasan lahan. 

"Kami tetap dukung dan kawal. Saya juga sudah perintahkan Kakanwil untuk mengawal proyek pembebasan lahan untuk jalan tol Bawen - Jogja di Magelang. Harapannya dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Bisa juga bekerja sama dengan Kapolda dan Kajati," imbuh Hadi. 

Kedatangan Menteri ATR/BPN ke Semarang salah satunya menghadiri upacara Bhayangkara di Akpol yang berlangsung Selasa Pagi. Selain itu Menteri Hadi juga melakukan kunjungan kerja ke Kab. Kendal meninjau pelayanam publik di Kantor Pertanahan Kab. Kendal. 

Dalam kesempatan ini, pihaknya juga memberikan motivasi dan semangat kepada petugas pelayanan urusan pertanahan di Kanwil ATR/BPN Jateng. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar