Liburan Sekolah, Angka Kunjungan Candi Borobudur Tinggi

LIBURAN- Memasuki musim liburan sekolah, Candi Borobudur masih menjadi  magnet  bagi wisatawan dari luar daerah selama masa liburan sekolah tahun ini. Foto: Dyas

 

KBRN, Magelang : Candi Borobudur masih menjadi  magnet  bagi wisatawan dari luar daerah selama masa liburan sekolah tahun ini. Yakni, mencapai sekitar 5.000 hingga 7.000 orang per harinya.

“Jumlah  pengunjung Candi Borobudur mencapai sekitar 5.000-7.000 orang per hari dan pada akhir pekan bisa mencapai 7.000-9.000 orang per hari,” kata Wakil Sementara General Manager Unit Borobudur dan Manohara di Magelang, Pujo Suwarno, Minggu (3/7/2022).

Pujo mengatakan, para wisatawan yang berkunjung ke candi peninggalan Dinasti Syailendra tersebut berasal dari beberapa kota  Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan juga sejumlah rombongan dari luar di Pulau Jawa.

Menurutnya, dikarenakan  liburan sekolah tidak bersamaan, pihaknya tidak dapat memprediksi puncak kunjungan wisatawan dari para pelajar tersebut. Namun, hamper setiap harinya terjadi lonjakan kunjungan.

"Pada masa libur sekolah ini banyak rombongan pelajar berkunjung ke Borobudur dan rombongan pelajar tersebut berkunjung sejak pagi, siang hingga sore hari," kata Pujo yang juga Marketing dan Sales Vice President PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Ia menambahkan, tingginya angka kunjungan ke Candi Borobudur tersebut membuktikan para pengunjung tidak terpengaruh dengan berita-berita terkait rencana pemerintah menerapkan tariff Rp 750 ribu bagi pengunjung yang akan naik ke struktur candi.

Hingga saat ini pengunjung belum diizinkan untuk naik ke struktur candi, melainkan hanya sampai di pelataran atau halaman candi. Namun para pengunjung masih bisa menikmati wahana lainnya yang disediakan pengelola. Seperti naik andong, bersepeda, dan berkeliling Candi Borobudur dengan naik kereta wisata.

Adapun harga tiket masuk Taman Wisata Candi Borobudur bagi wisatawan Nusantara dewasa/umum Rp 50.000, tiket wisatawan Nusantara anak/pelajar Rp 25.000, tiket wisatawan mancanegara dewasa/umum 25 dolar AS, dan tiket wisatawan mancanegara anak/pelajar 15 dolar AS. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar