Pekalongan Tuan Rumah Perkemahan Wirakarya dan Kemah Bakti Kwarda Jateng

Wakil Walikota Pekalongan H Salahudin STP (29/6)
Pukul Gong Kota Pembukaan Perkemahan Wirakarya dan Kemah Bakti Gudep PT Kwarda Jateng

KBRN, Pekalongan : Kota Pekalongan menjadi tuan rumah kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah  X dan Kemah Bakti Gugus Depan Perguruan Tinggi Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Tahun 2022 yang dilaksanakan mulai 29 Juni-3 Juli 2022 di Lapangan Tirto dan Lapangan Mataram Kota Pekalongan. Pembukaan kegiatan perkemahan yang diikuti ratusan anggota pramuka penegak dan pandega tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Pekalongan H Salahudin di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Rabu (29/6/2022). 

Turut hadir Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan, Ketua TP PKK Kota Pekalongan sekaligus Bunda Pramuka Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya, jajaran Kepala OPD dan Forkopimda Kota Pekalongan. 

Usai membuka kegiatan tersebut, Salahudin menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan menyukseskan kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah  X dan Kemah Bakti Gugus Depan Perguruan Tinggi Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Tahun 2022. Salahudin mengaku bangga dengan pemuda-pemudi hebat yang terus berkarya untuk mengembangkan dirinya.

Pihaknya juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta perkemahan di Kota Pekalongan yang akan mengikuti perkemahan  Wirakarya Daerah  X dan Kemah Bakti Gugus Depan Perguruan Tinggi Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Tahun 2022 yang mengusung tema “Pramuka Jawa Tengah yang Berdaya, Berkarya dan Penggerak Perubahan Membangun Masyarakat”. Menurutnya, tema ini sangat tepat dalam rangka memberikan semangat baru kepada pramuka penegak dan pandega khususnya dalam ranah pengabdian masyarakat. 

“Kegiatan ini sebagai alat pembinaan kepada pramuka penegak dan pandega yang  merupakan pertemuan rutin anggota pramuka dalam bentuk perkemahan yang diselenggarakan untuk seluruh pramuka penegak dan pandega dari berbagai satuan pramuka dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam pembangunan masyarakat seperti tersirat dalam Tri Satya untuk Penegak dan Pandega,” ujarnya.

Salahudin menilai, kegiatan perkemahan ini penting artinya bagi mereka sebagai wujud kepedulian dan rasa pengabdian anggota gerakan pramuka terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Pihaknya berharap, melalui kegiatan perkemahan ini, para peserta dapat memperoleh manfaat dalam menambah pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman di dalam berorganisasi , upaya pengembangan pribadi dan pengabdian kepada gerakan pramuka, masyarakat, bangsa, dan negara.

“Mereka mampu berperan aktif dalam meningkatkan bakti dalam gerakan pramuka mulai dari disekeliling dengan kegiatan ini, mereka mampu berkontribusi nyata di masyarakat dalam mewujudkan pramuka penegak dan pandega yang mandiri dan berkeadilan. Selamat melaksanakan perkemahan dan membaktikan diri ke masyarkat, berdaya, berkarya dan membawa perubahan membangun masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bina Muda Kwarda Jawa Tengah, Hernomo Budi Luhur memaparkan bahwa, kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah  X dan Kemah Bakti Gugus Depan Perguruan Tinggi Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Tahun 2022 ini merupakan  kegiatan tingkat daerah yang sebelumnya sudah diawali tahapannya mulai dari Rembang dan Kota Semarang, serta berakhir di Kota Pekalongan. Untuk pelaksanaan kegiatan perkemahan di Kota Pekalongan ini diikuti oleh 179 orang yang terdiri dari pramuka penegak dan pandega beserta pendamping dan pembinanya dari binaan wilayah (binwil) Pekalongan dan Banyumas. Perkemahan ini akan berlangsung mulai Rabu-Minggu mendatang, 29 Juni-3 Juli 2022 di Lapangan Peturen Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan dengan berbagai kegiatan bakti fisik dan non fisik. Adapun kegiatan bakti fisik meliputi relokasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan tempat sampah permanen dan bersih sungai. Sedangkan, kegiatan bakti non fisik meliputi penyuluhan tanggap bencana, pramuka mengajar, pelatihan hidroponik, kewirausahaan, dan bakti sembako, dan kegiatan tambahan lainnya seperti giat umum, giat rutin dan giat wawasan, giat gudep perguruan tinggi, giat persaudaraan, hingga giat wisata, yang akan menjadi aktivitas selama kegiatan ini berlangsung. 

“Perkemahan ini titik tolaknya adalah kegiatan bakti, bagaimana peserta belajar bisa mengabdikan dirinya untuk lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini sebenarnya dilakukan dua tahun sekali, namun sempat tertunda karena pandemi Covid-19, dan baru tahun 2022 ini bisa terlaksana kembali pasca pandemi,” ucap Hernowo.

Hernowo mengapresiasi atas kesiapan Kota Pekalongan selaku tuan rumah kegiatan Perkemahan Wirakarya Daerah  X dan Kemah Bakti Gugus Depan Perguruan Tinggi Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Tahun 2022 dalam mendukung kwartir cabangnya melaksanakan perkemahan tersebut. Antusias peserta kontingen masing-masing kwartir cabang juga bersemangat tinggi dalam menyukseskan kegiatan  Perkemahan Wirakarya Daerah  X dan Kemah Bakti Gugus Depan Perguruan Tinggi Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Tahun 2022 di Kota Pekalongan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian dan pengabdian anggota gerakan pramuka kepada masyarakat, bangsa dan negara serta merupakan bakti nyata sebagai wujud pengabdian dan kepedulian anggota pramuka kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkas Hernowo.(Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar