BIAN Kabupaten Semarang, Siagakan 900 Vaksinator OVP

KBRN, Semarang : Sebanyak 900 vaksinator vaksin polio / oral pilio vaccine (OPV) dilibatkan dalam pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Kabupaten Semarang. Pencanangan dilakukan Bupati Semarang H Ngesti Nugraha, ditandai dengan penetesan vaksin polio kepada seorang balita di aula kantor Kecamatan Bergas, baru-baru ini.

Ikut menyaksikan Ketua TP PKK Hj Peni Ngesti Nugraha, perwakilan Forkompinda, para Camat dan undangan lainnya.

Dilansir dari laman Pemkab Semarang, Bupati mengimbau para ibu yang memiliki anak balita untuk mengikuti program imunisasi gratis dari Pemerintah ini. “Diharapkan anak-anak Kita nanti dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kesehatan Dwi Syaiful Nur Hidayat melaporkan kegiatan BIAN bertujuan untuk menciptakan kekebalan populasi yang merata guna mencegah wabah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

“Secara khusus BIAN ditujukan untuk mempertahankan bebas penyakit polio dan mengendalikan penyakit campak, rubella, difteri dan pertusis,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) dr Endah Indriarti menjelaskan, imunisasi kejar untuk balita yang tertunda karena pandemi Covid-19 akan dilaksanakan mulai Juni 2022. Terdiri dari Kejar IPV (Polio Suntik) sebanyak 35.195 anak sasaran, Kejar OPV (imunisasi polio dengan tetes) untuk 16.134 balita sasaran dan Kejar DPT-HB-Hib untuk 4.264 balita.

Adapun, imunisasi tambahan rubella campak untuk 63.156 balita diberikan pada Agustus-September mendatang. “Sudah siap 900 lebih vaksinator yang akan melayani di Posyandu, pos kesehatan desa dan tempat lain yang ditunjuk,” ujar Endah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar