Arabika "Tarzan" Wonosobo

Romadhon

KBRN, Wonosobo: Jika mendengar  Tambi Wonosobo, maka yang terlintas adalah sebuah wilayah pegunungan yang sejuk di Jawa Tengah, dengan topografi dataran tinggi perkebunan teh yang hijau nan menyejukkan.

Selain teh, Tambi Wonosobo juga terkenal dengan produk kopinya. Tujuh tahun terakhir dimana tanaman kopi mulai dikembangkan disini oleh seorang petani lokal bernama Romadhon. Namun oleh masyarakat setempat, pria 42 tahun ini dijuluki Tarzan, karena dedikasinya mengembangkan tanaman kopi di areal hutan.

Tarzan adalah Ketua Lembaga Masyarakat Hutan Desa (LMDH) yang berhasil mengembangkan tanaman kopi di areal 20 dari 47 hektar hutan di Tambi. Bersama dengan 60 petani kopi sebagai anggotanya. Kopi yang dikembangkan adalah arabica jenis sigararutang dan kartika.

"Dikenal dengan Arabika Tarzan Wonosobo," ungkap Romadhon di Kedai "Rumah Kopi" miliknya Sabtu (25/6/2022)

Bersama dengan puluhan pemuda setempat Tarzan juga berhasil mengembangkan usaha kedai kopi. Bahkan juga berhasil memasok untuk sejumlah hotel ternama

"Sejumlah hotel berbintang juga menyuguhkan kopi Wonosobo ini," katanya

Menurut Tarzan kopi Wonosobo yang Ia kembangkan bahkan segera merambah pasar internasional karena akan segera diekspor ke Dubai

"Peluang ekspor ini akan semakin meningkatkan perekonomian petani kopi lokal di Wonosobo," harapnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar