Masih Banyak Kapal Nelayan Bersandar di Pelabuhan Juwana

KBRN, Pati : Kapal-kapal nelayan penangkap ikan kini sebagian kecil sudah melaut. Sementara, masih ada ratusan kapal yang menunda keberangkatannya. Selain mengisi perbekalan, juga melengkapi dokumen.

Alur Sungai Silugonggo di sekitar Pelabuhan Juwana kini masih penuh dengan kapal-kapal nelayan yang masih bersandar. Meskipun sudah ada yang melaut, jumlahnya sedikit. 

Menurut Kepala Pelabuhan Driyanto Budiadmoko, melalui Syahbandar Perikanan Maryadi, untuk keberangkatan kapal nelayan hingga saat ini masih sedikit.  Hingga Senin sore (24/5/2022), kapal nelayan yang keluar pelabuhan baru sekitar 113 kapal.

“Sementara yang masih bersandar di  Juwana masih sekitar sembilan ratusan kapal. Biasanya untuk kapal dengan lama melaut satu hingga dua bulan itu, sekarang ini sudah mulai berangkat. Tapi untuk kapal-kapal nelayan dengan daerah penangkapan hingga ke laut Aru dan Papua itu, biasanya berangkat pada bulan ke delapan atau ke sembilan,” terangnya.

Maryadi menambahkan, untuk pemberangkatannya mereka juga sudah membekali dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, dan sudah mendapat izin dari pihak-pihak terkait termasuk syahbandar.

“Perizinannya masih lengkap, hanya saja untuk kapala berbobot 30 GT itu perizinannya dari daerah dalam hal ini provinsi, sedang yang di atas 30 GT dari KKP, dan mereka membekali surat perijinan berlayar dari syahbandar. Dan mereka yang sudah keluar dari pelabuhan, semua perijinannya lengkap,” terangnya.

Ratusan kapal yang masih bersandar sekarang ini, dalam beberapa hari terakhir ini juga akan segera berangkat setelah semua mengisian perbekalan selesai. (Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar