Berhasil Kelola PPG Guru PAI, Jateng Terima Anugerah Tanda Mata

KBRN, Semarang : Bidang PAI Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan berupa anugerah tanda mata atas keberhasilannya dalam pengelolaan pendidikan profesi guru (PPG)  pendidikan agama Islam tahun 2021. Penghargaan ini dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Wakil Menteri Agama H Zainut Tauhid menyerahkan penghargaan langsung kepada Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam H Imam Buchori mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah H Mustain Ahmad di Hotel Anvaya, baru-baru ini. 

Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Jateng Imam Buchori mengatakan, anugerah tanda mata yang diterimanya merupakan hasil kerja keras bersama semua pihak hingga pencapaian itu didapatkan.

“Penghargaan ini diterima merupakan berkat kerja keras semua komponen Bidang PAI, seksi PAI/PAKIS kankemenag kabupaten/kota dan guru-guru PAI yang telah mampu berkoordinasi dengan pemerintah daerah secara baik sehingga mau bersama-sama berkontribusi untuk penyelenggaraan PPG PAI,” ucapnya.

Ia menjelaskan, pada 2021 dan 2022 terdapat pemerintah daerah yang telah menunjukan komitmennya untuk bersama sama memembrikan perhatiaan kepada guru PAI melalui pembiayaan PPG PAI.

“Pemerintah daerah yang telah menunjukan kepeduliannya terhadap PAI semoga disusul oleh pemda-pemda yang lain baik kabupaten/kota maupun provinsi sehingga peserta yang masih menunggu giliran bisa segera mengikuti PPG”, tambahnya.

Pada tahun 2021 dan 2022 dijawa tengah terdapat 7 Kabupaten/kota yang ikut serta dalam pembiayaan PPG PAI diantaranya Wonogiri, Sukoharjo, Kab. Semarang, Purbalingga, Banjarnegara, Kota. Pekalongan, Kota Salatiga.Adapun provinsi peserta PPG terbanyak dengan pembiayaan APBN dan APBD yaitu jawa barat (1327 peserta), jawa tengah (1247 peserta) dan jawa timur (1069 peserta).Berdasarkan data bahwa terdapat 7 Pemerintah Provinsi dan 110 Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan PPG PAI 2021. Total anggaran mencapai Rp15.875.000.000 untuk 3.175 Guru Peserta PPG. Jumlah ini terdiri atas bantuan Pemprov untuk 359 Guru dengan anggaran Rp1.795.000.000,- dan bantuan Pemda/Pemkot untuk 2.816 Guru dengan total anggaran Rp14.080.000.000,” paparnya. Kegiatan penganugerahan tanda mata yang di selenggarakan Kementerian Agama RI tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang selain dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Para Kepala Bidang juga hadir para Gubernur, Bupati, Walikota se Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar