Desa di Jateng Potensial Dikembangkan

KBRN, Semarang : Koordinator Tenaga Pendamping Profesional Wilayah Jawa Tengah, Evi Nur Milasari menyebut desa di wilayah Jawa Tengah dinilai cukup berpotensi dalam pengembangan desa.

Sebab, Jateng didukung Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup memadai, sehingga pengembangan desa di wilayah ini  sangat berpotensi.

“Jawa Tengah ini kan sangat luar biasa, karena SDA nya banyak dan potensi SDM luar biasa. Jawa Ini kan masih menjadi unggulan secara nasional dan primadona, jadi sentries,” kata Evi Nur saat Siaran Dialog Interaktif bersama RRI, Rabu (18/5/2022).

Ia mengatakan pendampingan desa di wilayah Jateng dilakukan sesuai dengan regulasi undang-undang desa dan keputusan Menteri Desa. Adapun dalam pendamping desa memiliki tugas pokok dan fungsi yang berbeda, misal penyaluran dana desa serta pembangunan dan pemberdayaan di masyarakat.

“Sesuai dengan regualsi yang ada, pendampingan itu harus dilakukan salah satunya oleh pendamping desa. Pendampingan ini dilakukan karena ada mandat untuk membentuk suatu pemerintahan sendiri di desa, kemudian pemerintah memberikan dukungan berupa anggaran dana desa bahwa setiap desa di seluruh Indonesia dapat diberikan fasilitas,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar