Ribuan Umat Buddha Antusias Rayakan Peringatan Waisak

KBRN, Semarang : Antusias masyarakat umat Buddha dalam merayakan rangkaian prosesi peringatan Tri Suci Waisak tahun ini cukup meriah, setelah dua tahun tidak dilaksanakan. 

Prosesi parade waisak yang digelar dari Candi Mendut hingga Candi Borobudur pada Senin (16/5/2022) pagi hingga malam hari diikuti sebanyak ribuan umat Budha.

“Antusiasnya ini luar biasa. Umat yang mengikuti prosesi sejak pagi hingga malam hari ada sekitar 5.000 dan ditambah lagi ada 1.200 orang yang ingin menerbangkan lampion. Jadi cukup lumayan meriah di kawasan Borobudur,” kata General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro Malyanto saat Siaran Dialog Interaktif bersama RRI di Programa 1 RRI Semarang, Selasa (17/5/2022).

Ia menambahkan dalam prosesi perayaan waisak ini juga tak menghiraukan keamanan untuk melakukan pengamanan selama prosesi digelar tersebut. Aparat keamanan dari unsur TNI/Polri mendukung penuh dengan menerjunkan personilnya dalam pengamanan.

Sementara disinggung mengenai tingkat kunjungan wisatawan yang datang ke Candi Borobudur pada saat prosesi digelar juga diakui Aryono sangat tinggi mencapai 6.500 pengunjung.

“Untuk wisata sendiri kemarin juga dibuka. Antusias non umat Buddha/ wisatawan ini juga sangat ramai mencapai ribuan masyarakat. Jadi cukup lumayan,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar