FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Langganan Banjir, Peninggian Lapas Pekalongan Diusulkan

KBRN, Pekalongan : Menjadi langganan banjir dan rob setiap tahun, peninggian Lapas Pekalongan diiusulkan.

Hujan deras di Kota dan Kabupaten Pekalongan menimbulkan banjir di beberapa wilayah, Salah satunya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekalongan. Banjir menggenangi halaman dan beberapa ruangan di Lapas Pekalongan dengan ketinggian air sekitar 25 cm. Rencananya peninggian Lapas Pekalongan akan diusulkan.

Rutin terkena banjir setiap tahunnya, menarik perhatian Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid untuk berkunjung. "Kemaren hari Kamis Wali kota Aaf berkunjung kemari melihat kondisi Lapas Pekalongan sampai ke blok-blok di Lapas, beliau luar biasa perhatiannya," ungkap Kalapas Pekalongan Imam Purwanto saat ditemui di Lapas, Jumat (21/1/2022).

Imam menyebutkan berbagai upaya preventif dilakukan, ia rapatkan seluruh jajaran untuk mencari titik-titik yang menjadi sumber atau sumbatan. "Nantinya kita akan tutup, dan di sebelah kiri Lapas akan kami siapkan pompa untuk mengeluarkan atau membuang air banjir," terang Imam.

Kemudian disampaikan Imam, untuk bulan depan pihaknya akan memaparkan ke Kanwil kaitannya dengan kondisi Lapas. Upaya selanjutnya adalah meningkatkan gedung Lapas agar lebih tinggi atau dibuat dua lantai. "Kita paham kalau Lapas Pekalongan ini terletak di daerah yang sangat rendah. Kita akan upayakan agar bisa dua lantai," papar Imam.

Menurut dia, jika hujan dua hari tak berhenti ketinggian air bisa sampai 50 cm, dan ini akan membuat seluruh blok hunian warga binaan kemasukan air. "Jika dibuat dua lantai dan hujan dua hari berturut-turut kami tak akan khawatir atau ketakutan dengan banjir," pungkasnya. (Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar