Guru Harus Didik Siswa Berintegritas

KBRN, Magelang :  Bangsa Indonesia saat ini memerlukan sosok guru yang bisa mendidik siswanya menjadi orang yang mempunyai harga diri, jujur, dan amanah.

“Tantangan sebagai seorang guru  sekarang bukan karena naik mobil yang baru dan rumah  yang indah. Tetapi, mendidik siswanya sehingga  mempunyai potensi  dan integritas yang hebat,” kata Wali Kota Magelang Muchamad Nur Azis di hadapan ratusan guru se- Kota Magelang pada upacara peringatan HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional tingkat Kota Magelang di Stadion Moch Soebroto, Selasa (30/11/2021).

Nur Azis mengatakan, dirinya mengajak para guru-guru di Kota Magelang sedikit berpanas-panasan mengikuti upacara HUT ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional di Stadion Moch Soebroto tersebut, untuk menunjukkan guru-guru di Kota Magelang merupakan guru-guru yang hebat.

“ Guru-guru merupakan orang-orang yang hebat dan mampu mendidik seseorang menjadi luar biasa,” katanya.

Menurutnya, tahun 2021 ini merupakan tahun kedua pandemic covid-19 yang melanda seluruh penjuru tanah air.Namun, penanganan covid-19 di Kota Magelang yang sangat mengembirkan, sehingga saat ini Kota Magelang telah masuk pada level II PPKM. Sehingga , memungkinkan pembelajaran di sekolah dapat dilakukan meskipun masih terbatas. Yakni, secara daring maupun luring dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kita tidak ingin sekolah –sekolah di Kota Magelang menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Untuk itu, keselamatan dan kesehatam peserta diri, pendidik, tenaga kependidikan menjadi prioritas utama,” katanya.

Di sisi lain, Pemkot Magelang terus berupaya secara responsif terhadap permasalahan guru yang selalu diperjuangkan PGRI.

Penerimaan ASN melalui pegawai pemerintag dengan perjanjian kerja (PPPK) guru di tahun ini, juga memberikan peluang dan kesempatan bagi guru honorer untuk mengikutinya.

“Pemerintah Kota Magelang juga akan terus memperbaiki penyaluran tunjangan proferesi guru dan tunjangan kinerja secara tepat waktu dan tepat jumlah,” ujarnya.

 Sementara itu, Ketua PGRI Kota Magelang, Nurwiryono menambahkan, dalam memperingati HUT Ke-76 PGRI dan Hari Guru Tingkat Nasional, pihaknya menggelar berbagai macam kegiatan. Seperti donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Magelang.

Rangkaian peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional tingkat Kota Magelang, juga diisi dengan  bakti sosial di Kecamatan Magelang Utara dan Magelang Tengah.

“Selain itu juga telah digelar berbagai macam perlombaan seperti, menyanyi. Lomba tari serta perlombaan olahraga tenis meja, tenis lapangan, bulutangkis dan senam,“ kata Nurwiyono yang juga Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Magelang.

Ia menambahkan, pada lomba-lomba tersebut beberap guru dari Kota Magelang berhasil meraih juara pada ajang lomba se –eks Karisidenan Kedu. Yakni, juara pertama dan kedua lomba menyanyi, juara dua lomba tari. Sedangkan untuk lomba olahraga tenis meja dan tenis lapangan, keduanya menyabet juara ketiga dan olahraga bulu tangkis dan senam meraih juara harapan.

“Selain itu, di tahun ini ada dua guru di Kota Magelang yang meraih medali emas dalam Guru Limpic 2021 yakni untuk pemanfaatan IT. Yakni, guru dari SMP IT Kota Magelang dan seorang guru olahraga dari SMP Negeri 9,” imbuhnya. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar