e-PPGBM, Pemenuhan Informasi dan Intervensi Status Gizi

KBRN, Pekalongan : Pentingnya pemenuhan informasi status gizi berdasarkan individu dapat terpenuhi dengan menggunakan sistem aplikasi online pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM). Aplikasi ini merupakan sistem pencatatan dan pelaporan gizi anak berbasis masyarakat.

Dengan aplikasi ini, tenaga pelaksana gizi dan pemangku kebijakan di daerah dapat lebih dipermudah dalam mengamati permasalahan gizi di wilayah masing-masing untuk selanjutnya mengambil keputusan terhadap dan tindakan apa yang akan dilakukan, baik secara komunitas maupun individu.

Hal ini disampaikan oleh Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya didampingi jajaran Pokja empat TP PKK usai mengikuti webinar fasilitasi percepatan pendataan melalui aplikasi EPPBGM di ruang Command Center Setda, Jumat (22/10/2021). 

Lebih lanjut, dalam upaya perbaikan gizi masyarakat, khususnya gizi anak, dibutuhkan program multi sektoral yang efektif dan berkelanjutan. Oleh karena itu, penting adanya ketersediaan data secara akurat dan berkelanjutan.

“Tentunya fasilitasi ini kami manfaatkan untuk mendapatkan pendataan yang cepat dan akurat. Nantinya kami juga bisa memantau dari jumlah stunting yang ada di kota Pekalongan, gizi buruk pada anak bahkan sampai pada jumlah anak yang mengalami obesitas. Kemudian untuk remaja kami juga lakukan pemantauan untuk anemia remaja dan pemantauan untuk ibu hamil,”ungkap Inggit.

Ke depan pihaknya akan melakukan sosialiasi kepada seluruh kader PKK di masing-masing wilayah. sehingga, harapannya upaya ini dapat membantu menurunkan angka stunting di Kota Pekalongan

”Kasusnya (stunting) saat ini ada 15 kasus dari yang sebelumnya sebanyak 12 kasus. Kendalanya, memang sebelumnya posyandu sempat tidak aktif dan sekarang sudah mulai aktif kembali. Mudah-mudahan upaya ini bisa menurunkan stunting di Kota Pekalongan,”pungkasnya. (Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00