Pembinaan Satgas Pengamanan Jajaran Pemasyarakatan Eks Karesidenan Pati

KBRN, Grobogan : Jajaran petugas pengamanan Rutan se-Eks karisidenan Pati mendapat penguatan sekaligus pengarahan terkait mekanisme pengamanan dan pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam rangka menghadapi tatanan kehidupan baru ditengah pandemi Covid-19.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kekuatan personil dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai petugas pengamanan. 

Kegiatan yang diberikan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Tengah tersebut menekankan kepada seluruh petugas pengamanan untuk tetap waspada dan siap menghadapi tatanan kehidupan baru (New Normal), ditengah pandemi Covid-19 yang mulai dilaksanakan Pemerintah Indonesia. 

“Terkait persiapan new normal di Rutan Kelas II Purwodadi  tetap harus mengutamakan protokol kesehatan. Jangan sampai ada yang terkena Covid-19 baik petugas maupun warga binaan, serta saya berharap semakin solid dan kompak antara anggota regu pengamanan dengan staf KPR, dan wajib mendahulukan kepentingan organisasi daripada kepentingan pribadi,” kata Solichin Kepala Rutan Kelas IIA Purwodadi, Solichin.

Dia berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan kesiapan seluruh jajaran petugas pengamanan Rutan di Eks Karisidenan Pati dalam menghadapi new normal, serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan tanggungjawab dalam pelaksanaan tugas.

Materi pembinaan diberikan Kasubbid Bimpas Kanwil Jawa Tengah, Sutriman.

Pihaknya menegaskan, untuk jajaran keamanan Lapas dan Rutan agar kembali menerapkan tugas sesuai SOP yang berlaku. Ini supaya tidak terjadi gangguang ketertiban di Lapas dan Rutan.

Gangguan tersebut bisa terjadi mulai dari masalah narkoba, petugas, dan WBP, pungli, alat komunikasi di dalam blok, over kapasitas WBP dan kurangnya jumlah petugas diseluruh Lapas dan Rutan serta berbagai gangguan ketertiban yang lain.

Ada yang perlu diperhatikan oleh para petugas keamanan rutan tentang pelajaran yang yang menimpa Lapas Tangerang pekan lalu, yaitu tentang penanggulangan bencana kebakaran.

Dengan melakukan pencegahan preventif seperti melaksanakan pengecekan panel listrik secara resmi, pembatasan baju WBP yang masuk, penertiban lemari penyimpanan WBP, dan menghindarkan dari bahan bahan yang mudah terbakar. 

Selain itu juga penertiban alat listrik yang tidak diperbolehkan di blok hunian Lapas dan Rutan.

Kegiatan tersebut Dihadiri oleh Kepala UPT se-eks karesidepan Pati serta perwakilan petugas pengamanan pada UPT tersebut berjalan sangat baik dan masing masing perwakilan dari Pati, Jepara, Rembang, Blora, termasuk Purwodadi mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk melakukan perbaikan dan persiapan untuk mengantisipasi dari hal hal yang tak diinginkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00