Masan Pastikan Sidang Paripurna Pengesahan APBD Perubahan Disetujui Dewan

KBRN, Kudus : Semua anggota DPRD Kabupaten Kudus dipastikan bersedia membahas APBD Perubahan 2021 karena hingga kini belum ada surat resmi dari fraksi yang menyatakan menolak pembahasan, kata Ketua DPRD Kudus Masan.

"Karena semua anggota DPRD Kudus berpikir untuk masyarakat, sehingga optimistis tak ada kendala dalam pengesahan APBD Perubahan 2021," ujarnya, Rabu (13/10/2021).

Bukti bahwa selama ini semua anggota dewan menyetujui pembahasan APBD Perubahan 2021, kata dia, bisa dilihat dalam forum badan musyawarah (Banmus) terdapat perwakilan dari seluruh fraksi di DPRD Kudus.

Hal terpenting, pada saat rapat paripurna DPRD Kudus dengan agenda pengesahan RAPBD Perubahan 2021 menjadi APBD Perubahan 2021 dihadiri minimal 50 persen plus satu dari total anggota dewan.

Ia juga mengingatkan Pemkab Kudus agar keterlambatan dalam penyerahan draf Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan 2021 tidak terulang pada pembahasan APBD tahun berikutnya.

"Harusnya sesuai regulasi menyerahkannya sesuai jadwal. Dengan penyerahan dokumen KUA PPAS tepat waktu, tentunya proses dan pelaksanannya juga tepat waktu. Sayang jika sampai tidak terlaksana karena uang tersedia ternyata tidak bisa terlaksana karena persoalan waktu," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kudus Hartopo mengakui adanya keterlambatan dalam penyerahan draf KUA PPAS APBD Perubahan 2021, disebabkan karena soal koordinasi dan komunikasi yang belum maksimal.

Ia berharap keterlambatan tersebut tidak terulang kembali, karena menjadi salah satu bentuk kinerja dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

"Nantinya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) harus jemput bola dan tidak boleh ada malas-malasan, agar tidak ada keterlambatan dalam pembahasan. Kasihan masyarakat ketika ada program kerja yang memang dibutuhkan masyarakat, salah satunya terkait pembayaran gaji pekerja kontrak maupun tagihan rekening listrik ataupun program kerja lainnya," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, dia juga berharap semua anggota DPRD Kudus mengambil sikap untuk lebih mengedepankan kepentingan masyarakat.

DPRD Kudus sendiri menjadwalkan rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota keuangan pada Jumat (15/10/2021). (Roy Kusuma)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00