Hakam : Capaian Vaksinasi Dosis Satu 100 Persen Lebih

KBRN, Semarang : Selain melakukan sosialisasi tentang pentingnya protokol kesehatan, Pemerintah Kota Semarang terus menggenjot vaksinasi sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Muhammad Abdul Hakam mengatakan capaian vaksinasi untuk dosis pertama sudah 100,53 persen, dosis kedua 67,2 persen, dan dosis ketiga 99 persen. 

Saat ini, Dinas Kesehatan bersama fasilitas kesehatan, TNI dan Polri tengah mengejar capaian vaksinasi untuk dosis kedua mengingat capaian vaksinasi dosis kedua masih jauh dari target. Hakam mengakui masih rendahnya capaian vaksinasi dosis kedua, karena beberapa masyarakat yang berpergian keluar kota, sehingga belum melakukan vaksinasi dosis kedua. 

Ada pula yang merasa trauma dengan kejadian pasca imunisasi (KIPI) yang dialami terutama mereka yang disuntik dengan vaksin jenis Moderna. 

"Ini butuh pendekatan dari kami. KIPI ada yang terlaporkan demam, linu-linu, terutama yang pakai moderna. Angkanya tidak banyak, tidak lebih dari 10 orang setiap hari. Stok vaksin masih banyak. Kami minta puskesmas untuk ke RW-RW. Rumah sakit dan sentra vaksinasi sudah kami upayakan bagi yang domisili Kota Semarang," katanya Selasa (12/10/2021). 

Menurut Hakam, saat ini stok vaksin di Kota Semarang masih cukup banyak. Bahkan dirinya sudah meminta agar puskesmas masuk ke wilayah RW untuk menyelesaikan vaksin dosis kedua, atau melayani masyarakat yang belum melakukan vaksinasi dosis pertama. Sedangkan, rumah sakit dan sentra vaksinasi diupayakan bagi warga yang domisili Kota Semarang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00