Dinkes Kendal Sementara Kehabisan Stok Vaksin

KBRN, Kendal : Stok vaksin di Dinas Kesehatan Kendal, baik untuk dosis pertama maupun kedua sudah habis sejak Jumat (23/7/2021). Dengan demikian, lima sentra vaksinasi praktis pada Sabtu ini tidak ada pelayanan massal.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, sudah mengajukan pasokan vaksin dari provinsi maupun Kementerian Kesehatan di pusat. Namun, pihaknya pun belum tahu kapan permintaan jatah vaksin datang, karena belum ada jawaban dari pusat maupun provinsi.

"Kami mengajukan dengan perhitungan sehari 5.000 untuk satu minggu kedepan," katanya, Sabtu (24/7/2021).

Dikatakan, saat ini jumlah warga yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama maupun dosis kedua baru sekitar 160 ribu orang. Angka ini kurang dari 20 persen dari target total yang harus divaksin. "Jumlah penduduk Kabupaten Kendal sekitar 1 juta, berarti belum ada 20 persen," ujarnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, untuk percepatan vaksinasi di Kabupaten Kendal, Pemkab Kendal mendirikan lima sentra vaksinasi yang berada di tiap-tiap eks kawedanan.

Jika pasokan vaksin selalu lancar, maka sampai akhir Agustus nanti bisa tercapai target 70 persen. 

"Kami sudah membuka lima sentra vaksinasi, Alhamdulillah bisa menyerap 5.000 orang perhari. Kami selalu berkomunikasi dengan pusat maupun provinsi untuk mendapatkan vaksin secepatnya," jelasnya.

Kegiatan vaksinasi juga dilakukan Polri dan TNI yang palaksanaannya dibantu petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kendal. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00