PTQ Virtual, Digitalisasi dalam Bidang MTQ

KBRN, Semarang : Babak audisi tilawah dalam rangka Pekan Tilawatil Quran (PTQ) RRI Semarang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Sebanyak 45 orang Qori dan Qoriah berkompetisi pada babak penyisihan tilawah pada Selasa, (13/04/2021).

Audisi tersebut berlangsung sejak pukul 08.00  -  15.00 WIB. Penilaian lomba tilawah memiliki beberapa aspek peniliaian, di antaranya tajwid, lagu atau suara, serta adab atau fasahah.

Ada tiga orang dewan hakim yang menilai peserta dalam babak penyisihan tilawah  yaitu Hj Siti Zaenatun, H Mohamad Rohani, dan Muhammad Yusuf SHi.

Dewan hakim Muhammad Yusuf dari LPTQ Provinsi Jateng menjelaskan, sudah mengetahui peta kualitas dari masing-masing peserta di even PTQ.

“Kami sudah tau kualitas dari masing-masing peserta di beberapa wilayah penyelenggaraan baik itu Semarang, Surakarta, dan Purwokerto. Dan dari hasil penyelenggaran di 3 tempat itu yang tertinggi di RRI Semarang,” jelasnya. 

Ia menjelaskan, PTQ di masa pandemi ini memiliki dinamika yang berbeda dibandingkan pada masa normal. Dengan adanya penyelenggaraan audisi PTQ secara virtual ini membuat adanya digitalisasi dalam bidang MTQ.

Di satu sisi dewan hakim menilai gangguan sinyal menjadi kekurangan dalam aspek penilaian.

“Sistem virtual penyelenggaraan PTQ mengubah mindset yang biasanya bertemu langsung, sekarang dengan zoom meeting akhirnya bisa memunculkan digitalisasi bidang MTQ. Di sisi lain dewan hakim memiliki kekurangan dalam menilai, karena kendala yang dihadapi peserta terutama terkait faktor jaringan,” ungkapnya. 

Babak penyisihan tersebut memunculkan tiga kandidat terbaik, untuk kategori putra di antaranya Ma’ruf, Muhammad Zahron Nasywa, Agus Muhammad Noor. Kategori putri, Aryfa Dini Islamiaty, Uzunil A’izzah, Nuriyatus Solihah. Ketiga kandidat putra dan putri terbaik itu akan berkompetisi di babak final pada 20 April mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00