Pawai Budaya dan Rebutan Gunungan Ramaikan Sedekah Laut Karangsari

KBRN, Kendal : Pemerintah Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal menggelar Gebyar Budaya Sedekah Laut tahun 2022. Acara diawali dengan prosesi sedekah bumi dan sedekah laut, Kamis (18/8/2022). Pada malam harinya diadakan pengajian akbar. Kemudian digelar pentas wayang kulit pada hari berikutnya.

 

Prosesi sedekah bumi berupa ritual mengubur sesaji yang berisi kepala kambing, bulu kambing dan kaki kambing, serta nasi lengkap dengan lauknya. Sesaji yang sama dilarung ke laut oleh para nelayan. Selain itu juga mengarak beberapa gunungan untuk diperebutkan warga.

 

Sesepuh masyarakat, Mbah Darto mengatakan, tradisi sedekah bumi dan sedekah laut ini mengikuti tradisi nenek moyang. Tujuannya untuk meminta kepada Tuhan agar selalu diberi rezeki melimpah dan berkah. 

"Menurut adat budaya nenek moyang kita, kalau mau berkah ya lakukan seperti ini. Ini dimintakan kepada Tuhan agar membawa berkah bagi kita, khususnya masyarakat nelayan," jelasnya. 

 

Kegiatan ini diramaikan karnaval budaya yang diikuti kelompok peserta dari masing-masing RT dari Kampung Nelayan Dukuh Kisik. Selain itu juga menghadirkan group reog dari Ponorogo dan barongsai dari Semarang.

 

Hardi Sugriwa, Ketua RW 5 Kampung Kisik mengatakan, kegiatan sedekah laut merupakan tradisi masyarakat nelayan sejak dulu, namun baru kali ini digelar pawai budaya, sehingga lebih semarak. Kegiatan sedekah laut digelar sebagai rasa syukur para nelayan atas rizki yang telah didapat, dan berharap kepada Tuhan agar ke depan mendapatkan rizki yang berlimpah. "Rasa syukur kita, warga di daerah nelayan itu, memang dengan sedekah laut. Mudah-mudahan diberikan limpahan rahmat dari Allah SWT," katanya. 

 

Lurah Karangsari, Jupriyono mengatakan, gelar budaya ini baru pertama kali dilakukan, untuk mengangkat kembali budaya lokal. Kegiatan utama berupa larung sesaji dan pawai gunungan yang diperebutkan warga, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Gebyar budaya ini sekaligus memperingati Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal dan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan mengangkat kearifan lokal dan nilai-nilai religi di Kelurahan Karangsari. "Kami mengajak masyarakat supaya menjaga budaya dan adat di Kelurahan Karangsari," ujarnya. 

Gebyar Budaya Sedekah Laut dihadiri Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal Hudi Sambodo dan pejabat DKP dari Provinsi Jawa Tengah. Warga setempat juga banyak yang hadir, mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Foto :

1. Lurah Karangsari, Jupriyono ikut pawai Gelar Budaya Sedekah Laut

2. Mbah Darto melakukan ritual sedekah bumi

3. Larung sesaji di kampung nelayan Karangsari

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar