Hartopo Apresiasi Penciptaan Tari Bordir

KBRN, Kudus : Kudus selain dikenal sebagai Kota Kretek juga sebagai Kota Industri. Baik industri besar maupun UMKM cukup banyak berdiri di Kudus. Terkait budaya yakni jenis tarian, Tari Kretek pun sudah diciptakan bahkan sudah cukup dikenal. Dalam acara ulang tahun SMPN 2 Kudus, guru Seni sekolah tersebut yakni Eti Dwi Aprili Yanti menciptakan sebuah tarian yakni Tari Bordir. Tari tersebut ditampilkan didepan Bupati Kudus, HM Hartopo yang meresmikan masjid Khalifah disekolah tersebut sekaligus ulang tahun ke-62 SMP 2 Kudus.

Tujuh penari yang merupakan siswi yang ikut kegiatan ektrakurikuler tari tampil dengan kompak dan semangat menamba indahnya tarian itu. “Saya menciptakan tari Bordir ini selama dua minggu mas. Sebelum dilaunching hari ini (25/5/2022) bertepatan dengan ulang tahun SMP 2 Kudus ke 62,” tutur Eti sapaan akrabnya, Rabu (25/5/2022).

Tidak ada kendala berarti ketika menciptakan tarian ini, hanya butuh konsentrasi dan waktu luang untuk membuat tarian Bordir ini agar bisa menggambarkan  cara membuat bordir Kudus yang juga merupakan industri rumahan dan cukup dikenal luas.

“Saya mencipatakn tari ini dari inspirasi bordir Kudus yang merupakan salah satu industri rumahan dan sudah terkenal baik didalam maupun di luar negeri. Sekaligus untuk nguri – nguri budaya kita mas. Tari Bordir ini nanti akan kami patenkan,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kudus HM Hartopo sangat mengapresiasi atas terciptanya tari Bordir ini. Menurutnya, tarian ini mampu menggambarkan dan menjelaskan kepada masyarakat luas bahwa bordir merupakan salah satu usaha yang sudah ditekuni masyarakat Kudus sejak lama. Bahkan sudah cukup terkenal bahkan sudah banyak yang diekspor .

“Tari Bordir ini merupakan salah satu inovasi dan kreativitas yang mudah – mudahan dapat diterima oleh semua kalangan,” tandasnya. (RK)  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar