Dandim : Juara Kampung Pancasila Tampil Pada Harlah di Balai Kota

KBRN, Semarang : Kampung Pancasila terbentuk di berbagai kecamatan di Kota Semarang, terbaru di RW IV Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang. Setiap program kampung Pancasila ini memiliki karakteristik dan ciri khas berbeda-beda. 

Kodim 0733 Semarang yang mendukung pembentukan program tersebut berupaya mengapresiasinya, dengan melakukan penilaian ke kampung-kampung. Kodim pun akan memberikan penghargaan berupa piala, piagam, dan uang pembinaan kepada kampung Pancasila yang memiliki penilaian tertinggi. Pemenang secara spesial akan diundang dalam perayaan Hari Lahir (Harlah) Pancasila di Balai Kota Semarang pada Juni mendatang. 

"Kami mencoba mengapresiasi kampung Pancasila yang telah dibentuk di berbagai kecamatan. Juara kampung Pancasila nantinya akan tampil menerima penghargaan dalam Harlah Pancasila di Balai Kota Semarang, " kata Dandim Semarang Letkol Inf Honi Havana saat memberikan sambutan dalam pencanangan kampung Pancasila RW IV Kelurahan Mangunharjo, Kamis (19/5/2022). 

Acara yang dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Camat Tembalang Kusrin ini menampilkan sejumlah hiburan, salah satunya tarian penyambutan wali kota oleh pelajar Papua di lingkungan sekitar RW IV. 

"Kami mengapresiasi penampilan adik-adik Papua. Kami titipkan harapan, bahwa saudara di Bumi Papua merupakan bagian tak terpisahkan dari Indonesia," ungkapnya. 

Sementara itu, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi merasa terkesan dengan semangat Dandim dalam mendukung terwujudnya kampung Pancasila. "Baru empat bulan bertugas, ternyata sudah mendukung terbentuknya beberapa kampung Pancasila," jelasnya. 

Adapun, faktor penilaian di antaranya mural dan kreatifitas nilai-nilai Pancasila, toleransi dan kerukunan umat beragama, sosial kebudayaan, bela negara, serta gotong royong. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar