Kampung Pancasila RW IV Mangunharjo, Tangkal Radikalisme

KBRN, Semarang : Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mencanangkan RW IV Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, menjadi kampung Pancasila. Perwujudan kampung tersebut meneguhkan Pancasila sebagai ideologi bangsa. 

Selain menjaga toleransi, kampung tersebut diharapkan mampu merawat kebhinekaan, serta menangkal segala bentuk terorisme. 

"Kalau Covid-19 obatnya prokes (protokol kesehatan-red), maka kampung Pancasila ini upaya menangkal terorisme. Sepakat ya," jelas wali kota yang akrab disapa Hendi saat memberikan sambutan dalam kegiatan di lapangan RW IV Hebat, Kamis (19/5/2022). 

Pihaknya mengapresiasi keberadaan kampung Pancasila. "Setelah diresmikan (kampung Pancasila-red), harapan saya tidak hanya diam. Tapi nilai-nilai Pancasila bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Kehadiran Hendi disambut tarian pelajar Papua yang asramanya berada di lingkungan sekitar RW IV. Suasana tampak meriah dengan kehadiran ratusan warga yang memadati lapangan RW IV Hebat. Terdapat gambar Pancasila di latar belakang panggung. 

Selain itu ada gambar Bung Karno yang mewarnai suasana pencanangan kampung Pancasila. Dandim 0733 Semarang Letkol Inf Honi Havana dan Camat Tembalang Kusrin hadir dalam kesempatan tersebut. Pencanangan itu ikut dihadiri TP PKK, pelajar, mahasiswa, santri pondok pesantren lingkungan RW IV, ormas Pemuda Pancasila, serta FKPPI.

Sementara itu, Ketua RW IV Mangunharjo, Suhendro Indra Kelana menegaskan, kekompakan warganya yang mendukung pencanangan kampung Pancasila. "Bagi kami, Pancasila ideologi bangsa, itu harga mati. Lingkungan ini sudah terbentuk tahun 1980-an, nilai-nilai toleransi pun sudah diterapkan pada saat itu," tandasnya. 

Menurut dia, kehadiran wali kota dan Dandim, serta Camat Tembalang dinilai akan memotivasi warga yang terus mewujudkan kebersamaan. 

Dalam kesempatan itu, wali kota Semarang merasa terkesan dengan dua anak kecil warga RW IV yang mampu menghafalkan Pancasila, serta lambang-lambangnya. Hendi langsung memberikan hadiah uang kepada keduanya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar