Klenteng Tay Kak Sie Semarang Gelar Ritual Toa Pek Kong Naik

KBRN, Semarang : Sejumlah warga Tionghoa menggelar sembahyang Toa Pek Kong Naik di Kelenteng Tay Kak Sie, Kawasan Gang Lombok Semarang, Rabu (26/1/2022).

Ritual sembahyang ini dimaksudkan untuk mengantarkan para dewa dewi naik ke surga menghadap Tuhan Yang Maha Esa. 

Sekretaris Klenteng Tay Kak Sie Semarang, Andre Wahyudi mengatakan tradisi Toa Pek Kong rutin digelar setiap tahun dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru Imlek.

Upacara dalam ritual ini dilakukan secara simbolis, ditandai dengan pembakaran diatas tampah yang didalamnya terdapat kertas berisi doa dan harapan. 

"Ritual ini dilakukan secara simbolis, ini bagian dari sarana menghantarkan dewa dewi ke kayangan. Dalam ritual tersebut, tampah yang berisi kertas dan dibakar itu digerakkan diiringi tabuhan kemudian diputar/diayunkan ke atas lalu kebawah sampai kertas menjadi abu," terang Andre kepada RRI. 

Dia menjelaskan, Tradisi Toa Pek Kong pada perayaan Imlek tahun ini dilakukan dalam dua sesi, pertama pukul 9.00 WIB dan kedua jam 16.00 WIB.

"Untuk pelaksanaan ritual pengantaran dewa-dewi naik tahun ini berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya. Kalau tahun sebelum-sebelumnya pelaksanaannya kan dilakukan setiap sore, tapi tahun ini ada dua sesi yakni pagi dan sore," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar