Tampil Menawan, Ibu-ibu DWP Suguhkan Seni Karawitan

KBRN, Pekalongan : Karawitan merupakan salah satu kesenian musik tradisional dari budaya Jawa yang mulai sulit kita temukan pertunjukannya di zaman sekarang ini, hal tersebut membuat ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Kota Pekalongan tergerak untuk menyuguhkan pertunjukan Seni Karawitan pada acara resepsi Hari Ulang Tahun ke-22 DWP Kota Pekalongan.

Ketua DWP Kota Pekalongan Listiani Agust Marhaendayana menceritakan, bagaimana antusias para ibu-ibu DWP dalam mempersiapkan pertunjukan seni karawitan tersebut, sehingga mereka mampu menampilkan karawitan dengan cantik dan menawan meskipun dengan persiapan yang menurutnya sangat singkat, “Persiapan seni karawitan ini cukup singkat sekitar 3 minggu dan luar biasa antusias ibu-ibu DWP, itu yang membuat ibu-ibu ini cepat paham dan juga memang kami semua ingin nguri-uri budaya Jawa khususnya di Kota kita tercinta ini,” tuturnya.

Dengan menampilkan seni karawitan ini, Listiani berharap dan mengajak seluruh pengurus DWP dan masyarakat Kota Pekalongan untuk menjaga dan melestarikan budaya Jawa yang saat ini sudah hampir hilang karena banyak masyarakat khususnya generasi muda yang tidak tahu dan jarang menyukai musik tradisional.

“Ayo monggo kita membangkitkan seni karawitan di Kota Pekalongan ini supaya anak cucu kita tahu memiliki budaya seperti ini, budaya yang sangat indah, menarik, dan sangat mahal,” katanya.

Pihaknya menyampaikan bahwa seni karawitan rencananya akan menjadi agenda rutin tiap kegiatan DWP. "Semoga kedepan karawitan ini bisa menjadi agenda rutin dan kita berharap jika ada event-event tertentu kita bisa mengisi disitu sebagai bentuk penghargaan OPD terhadap usaha kami mempelajari budaya," bebernya.

Penasehat DWP Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya Ssn yang turut menyaksikan penampilan seni karawitan dari ibu-ibu DWP sangat mengapresiasi kepiawaian mereka dalam melantukan lagu jawa sekaligus memainkan alat musik tradisional gamelan.

“Penampilan karawitan dari ibu-ibu DWP tadi sangat bagus karena dengan persiapan yang sangat singkat dengan hasil yang seperti saya lihat tadi sudah cukup mahir, semoga dengan mempelajari kesenian karawitan ibu-ibu DWP kedepannya bisa mengembangkan lagi dan mungkin bisa mengisi acara baik di Pemerintahan maupun di acara organisasi yang lain untuk bersinergi dalam menampilkan kesenian tradisional,” pungkasnya. (Miftachudin - Pekalongan).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar