UIN Walisongo Luncurkan Smart Card dan Siapkan Wisuda Berbasis Teknologi

KBRN, Semarang : Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang akan mewisuda 1.626 mahasiswa menggunakan aplikasi Face Tracking Animation. Rencananya, wisuda ke -78 tersebut akan digelar pada 6 Agustus 2020.

Rektor UIN Walisongo Semarang Profesor Imam Taufik mengatakan teknologi yang dipakai wisuda kali ini merupakan cukup hebat. Bahkan sebelumnya telah melakukan kontrak dengan Dreamlight untuk kelancaran acara tersebut. 

"Wisudanya kategorinya online. Tetapi kita menggunakan teknologi namanya Face Tracking Animation, yaitu melakukan tracking terhadap wajah dan dianimasi dalam bentuk rangkaian seperti orang yang asli," ucapnya, Senin (03/08/2020).

Dikemukakan, teknologi Face Tracking Animation tersebut digunakan untuk memberi kesan layaknya wisuda secara konvensional dan memberikan pelayanan terbaik untuk menjawab keluhan dari mahasiswa. Menurutnya, wisuda merupakan hak mahasiswa yang wajib diberikan kampus sebaik mungkin.

"Kita berupaya untuk memberikan hak hak calon wisudawan sehingga tidak ada tarikan dana lagi. Jadi kita kerjasama dengan Dreamlight supaya menyiapkan fasilitas dan sudah kita lobi untuk lebih efisien," ungkapnya. 

Pelaksanakan wisuda dijelaskan Prof Imam, berdurasi selama 6 jam dan dibagi 3 sesi. Sementara untuk petugas telah  disiapkan untuk kelancaran acara. 

"Jadi sudah jadi skenarionya, mahasiswa/mahasiswi tinggal dirumah menonton prosesi wisuda via YouTube saja," tambahnya. 

Prof Imam juga menambahkan, dalam waktu dekat akan meluncurkan smart card. Yaitu kartu alumni yang terdapat kode QR yang berisi identitas, ijazah, Transkrip nilai, dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) Asli. 

"Jadi kartu ini sebagai kartu alumni dengan konsep kekinian, sekali scan, semua berkas wisuda langsung muncul," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00