Kurangi Sampah Plastik, UIN Walisonggo Semarang Siapkan Seribu Besek

KBRN, Semarang : Universitas Negeri Semarang (UIN) Walisongo Semarang lakukan pengemasan daging hewan qurban mengunakan besek dan daun jati. Seusai dikemas, daging hewan kurban dibagikan ke lingkungan kampus, pondok pesantren, panti asuhan dan masyarakat sekitar.

Rektor UIN Walisongo Prof. Dr. H. Imam Taufik kepada awak media mengatakan, menyiapkan seribu besek dan daun jati untuk mengemas daging hewan kurban. Menurutnya, pemilihan tempat daging dari bahan baku bambu dan daun untuk mengurangi sampah plastik.

“Kami memang mengagendakan penyembelihan hewan kurban hari ini ,” imbuhnya, Senin (3/8/20).

Dijelaskan, penyembelihan dipusatkan ke kampus 1 dengan penerapan protokoler kesehatan seperti pembatasan jumlah panitia, pengunaan masker dan jaga jarak. Selain itu, pendistribusian juga dilakukan langsung ke penerima untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Ketua Badan Amalan Islam (BAI) UIN Walisongo Prof. Dr. H. Muhyar Fanani, menerangkan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban terselenggara atas bantuan para donatur. Tercatat asa 60 nama yang memberikan donasi, baik atas nama pribadi dan lembaga.

"Hewan yang disembelih hari ini akan dikemas 1.000 bungkus. Dibungkus dengan besek dan daun jati. Semuanya dibagi ke  masyarakat sekitar, termasuk para pegawai," ucapnya.

Total ada 7 ekor sapi dan 11 ekor kambing. 8 kambing diantaranya telah disumbangkan ke empat lembaga di penjuru nusantara, yaitu di Boven Digul Papua, Masamba, Luwu Utara Sulawesi Selatan, Sembalun Lawang Lombok Timur NTB dan Ende Flores NTT.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00