UIN Walisongo Sembelih 8 Hewan Kurban Di Luar Jawa

KBRN, Semarang : Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang distribusikan 8 hewan kurban ke empat lokasi diluar Jawa. Masing-masing lokasi mendapat dua hewan kurban untuk dibagikan ke masyarakat setempat.

Ketua Badan Amalan Islam (BAI) UIN Semarang, Dr. H. Muhyar Fanani, M.Ag, di Semarang mengatakan, keempat lokasi pendistribusian hewan kurban yakni di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Papua dan Sulawesi Selatan. Pendistribusian dilakukan melalui transfer uang untuk dibelikan hewan kurban.

"Kami transfer uang untuk dibelikan masing-masing lokasi dua kambing, jadi total delapan kambing kami serahkan untuk masyarakat diluar Jawa agar ikut berbahagia dihari raya Idul Adha," imbuhnya, Minggu (2/8/20).

Dijelaskan Muhyar, penyembelihan hewan korban diserahkan ke lembaga yang telah dikordinasikan sebelumnya. Yakni,  Ikatan Pemuda Muslim Indonesia Timur, Ende, Flores NTT, Masjid Nurul Huda Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur, NTB, Pengurus Kesejahteraan Masjid Darul Hidayah Tanah Merah, Boven Digul, Papua; dan masyarakat terdampak bencana alam di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan. 

“Semuanya sudah disembelih pada hari Jumat kemarin. Insyallah tahun depan, kami akan lakukan kegiatan serupa dengan jumlah yang lebih banyak,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur, NTB, H. M. Idris menyampaikan terimakasih kepada Rektor UIN Walisongo yang telah memberikan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini. 

"Panitia sudah melaksanakan kurban dari UIN Walisongo dan membagikan kepada warga" ungkapnya.

Tak luput Bupati Lombok Timur Drs. H. M. Sukiman Azmy, M.M yang juga alumni Fakultas Dakwah IAIN Walisongo mengapresiasi pemberian hewan kurban dari almamaternya. Rasa terima kasih juga disampaikan pihak Takmir Masjid Darul Hidayah Boven Digoel Papua. 

Ditambahkan, untuk penyembelihan hewan kurban di UIN Walisongo Semarang baru akan dilaksanakan pada Senin (3/8/2020). Rencananya akan ada 7 sapi dan 10 kambing yang akan disembelih dan didistribusikan dengan protokoler kesehatan untuk mencegah Covid-19. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00