Kemenpora Gandeng UIN Semarang Ciptakan Wirausaha Dikalangan Pemuda

KBRN, Semarang :  Universitas Islam Negeri (UIN) Semarang lakukan kerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk memperbanyak Wirausahawan muda di Indonesia. Kegiatan tersebut dimulai dengan seminar “Hijrah Pemuda Berwirausaha Demi Bangsa” di aula kampus 2 UIN, Selasa (10/9/19).

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrosun Niam Sholeh  seusai seminar mengatakan, acara ini merupakan wujud kepeduliaan pemerintah menciptakan wirausaha baru di Indonesia. Menurutnya, pertumbuhan wirausaha baru perlu diperhatikan karena berdampak pada kemandiriaan bangsa.

“62 persen  penduduk Indonesia merupakan usia produktif, oleh karena itu pemerintah konsen kepada pengembangan kewirausahaan terutama pada perguruan tinggi dan pondok pesantren,” imbuhnya.

Menurutnya, semua pemuda memiliki potensi berwirausaha, namun hanya beberapa saja yang berani mengaktualisasi menjadi tindakan nyata. Oleh karena itu ia berpesan kepada sekitar 500 mahasiswa UIN Semarang yang hadir untuk membuka jaringan seluas – luasnya untuk perkuatan perencanaan kewirausahaan.

“Kampus UIN merupakan lingkungan pembelajar, bukan saja teori namun juga praktek. Bahkan tadi Rektor sempat menyampaikan bahwa mata kuliah kewirausahaan  menjadi mata kuliah wajib disemua fakultas,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Walisongo Profesor Imam Taufiq mendukung penuh mahasiswanya menjadi wirausaha. Salah satunya dengan melibatkan mahasiswa melakukan penelitian bersama dosen. Selain itu juga memberikan pendampingan kepada mahasiswa jika mempunyai ide kreatif tentang usaha yang akan dirintis.

"Sudah tidak saatnya lagi, mahasiswa bercita-cita menjadi PNS atau karyawan,” tegasnya.(Syam/Ahy)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00