Kemenrsitek Dikti Targetkan 2 Juta Sarjana Berkompeten

KBRN, Semarang : Kementrian Riset, Teknologi Dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) menargetkan dapat  mencetak 2 juta sarjana atau diploma melalui beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Sedangkan hingga tahun 2020, beasiswa yang telah dianggarkan mencapai 780 ribu beasiswa.

“Tahun ini pemerintah telah menyalurkan 380 ribu beasiswa kuliah, sedangkan untuk tahun depan dianggarkan bagi 400 ribu penerima. Dan ini akan ditingkatkan hingga 2 juta sarjana atau diploma pada tahun 2024,” ungkap Menristek Dikti Mohamad Nasir di Kampus Unisbank Semarang, Senin (22/7/19).

Kedepannya, lulusan perguruan tinggi bukan hanya mendapatkan gelar sarjana/ diploma, namun juga harus mempunyai kompetensi agar dapat bersaing didunia industri.

“Beasiswa melalui KIP Kuliah massif dilakukan untuk mencetak sumber daya manusia yang dapat bersaing di dunia industri skala nasional maupun global,” imbuhnya.

Disisi lain, untuk mengembangkan perguruan tinggi di tanah air, Mohamad Nasir berencana mengundang dosen dari luar negeri.  Bahkan, tidak menutup kemungkinan mendatangkan Rektor luar negeri untuk memimpin perguruan tinggi di tanah air. Namun, jika rencana tersebut belum dapat terlaksana, setidaknya akan dilakukan kerjasama penelitian bersama.

“Tahun 2020 Presiden Jokowi canangkan program rektor dari luar negeri, sedangkan untuk saat ini telah dilakukan riset bersama dengan perguruan luar negeri,” jelasnya. (Din/Don).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00