Kunjungi Karimunjawa, Kapolda Jateng Pastikan Warga Siap Berlakukan New Normal

KBRN, Semarang: Ditutupnya objek wisata Karimunjawa dan Kabupaten Jepara selama lima bulan terakhir ini berdampak sulit bagi pelaku wisata disekitarnya hingga saat ini.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Jepara Dian Kristiandi saat mendampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam bakti sosial dan bakti kesehatan yang diselenggarakan di Pelabuhan Legon Bajak, Kemujan, Karimunjawa, Jumat (7/8/2020).

Kesempatan ini dimanfaatkan Bupati untuk meminta pertolongan Kapolda Jateng untuk bisa meyakinkan Gubernur Jawa Tengah agar dapat segera membuka kembali pariwisata di Kepulauan Karimunjawa.

“Pak Kapolda bisa lihat sendiri, warga Karimunjawa sudah memahami dan beradaptasi dengan kebiasaan baru yakni penerapan protokol kesehatan dalam berkegiatan dan berkehidupan. Sehingga nanti minta tolong disampaikan ke gubernur agar pariwisata di Karimunjawa bisa dibuka kembali,” kata Dian Kristiandi dalam kesempatan itu.

Dian Kristiandi juga menambahkan, dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara, Kecamatan Karimunjawa menjadi satu-satunya wilayah yang masih menjadi zona hijau dalam penyebaran Covid-19.Hal ini tidak lepas dari kinerja luar biasa dari semua pihak di Karimunjawa, utamanya masyarakat Karimunjawa sendiri. Situasi dan kondisi di Karimunjawa ini harus terus dijaga.

Kunjungan Kapolda dan rombongan ke Karimunjawa, paling tidak memberikan gambaran jika warga Karimunjawa siap dengan pemberlakuan kenormalan baru (New Normal).Mereka siap melaksanakan pariwisata di era New Normal, sehingga perekonomian bisa berjalan kembali dengan baik lagi.

“Potensi wisata di Karimunjawa tidak kalah dengan lokasi wisata lain di Indonesia seperti di Bali dan Bunaken. Karimunjawa ibarat miniatur Indonesia. Kepulauan kita ada, suku bangsa juga beranekaragam. Belum lagi agama dan budaya yang menjadikan Karimunjawa menarik untuk dikunjungi,” tambah Dian Kristiandi. 

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan siap menyampaikan ke Gubernur jika pariwisata di Karimunjawa siap untuk dibuka kembali.  Dirinyamengaku sudah mengunjungi sejumlah lokasi wisata di Jawa Tengah, dan bisa memastikan semua daerah di Jawa Tengah sudah siap kembali menerima kunjungan wisata.

“Protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan kita semua, agar kita benar-benar siap menerima wisatawan. Kehadiran kami juga untuk mendorong kegiatan masyarakat agar pulih kembali di masa pandemi ini. Karena kita tidak tahu pandemi ini kapan akan berakhir. Namun adapatsi kebiasaan baru harus dilakukan sehingga bisa membuka ekonomi kembali,” ujar Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Adapun guna mendukung kenormalan baru dalam kunjungannya ke Karimunjawa, Kapolda Jawa Tengah menyerahkan bantuan 200 paket sembako, 2.000 masker dan 50 liter hand sanitizer kepada warga Karimunjawa. Bantuan yang diberikan ini, diharapkan bisa sedikit meringankan beban masyarakat. Selanjutnya, Kapolda berpesan agar masyarakat karimunjawa tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00