2400 WNA Tercatat Ada di Wilayah Kerja Imigrasi Kelas I Semarang

KBRN, Semarang: Kantor Imigrasi Kelas I TPA Semarang mencatat sebanyak 2400 WNA berada di wilayah kerjanya  dimasa pandemi per 5 Agustus ini. 

Pencatatan tersebut sebagai bentuk pengawasan Warga Negara Asing (WNA) sekaligus mencegah penyebaran corona.

“Pengawasan selama pandemi ini sifatnya kita melakukan pendataan karena kondisi covid begini, ” tutur Kepala Imigrasi Kelas I Semarang, Doni Alfisyahrin kepada RRI, Rabu (5/8/2020).

Sebagian besar WNA itu rata-rata adalah Tenaga Kerja Asing, pelajar dan warga asing yang terikat status penyatuan keluarga.

“Data orang asing di imigrasi dengan yang di dinas pariwisata berbeda. Jadi orang asing yang memiliki izin tinggal yang diperpanjang di Imigrasi Semarang kita bisa tau, tapi tidak semua urus izin disini karena kan ada yang kesini sebagai wisatawan,” jelas Kaimigrasi Kelas I Semarang.

Kasi Teknologi Informasi Keimigrasian, Wulan menambahkan jumlah WNA di wilayah kerja Kantor Imigrasi semarang itu meliputi 7 kabupaten /kota diantaranya Kendal, Kudus, Demak, Grobogan. 

“Jumlahnya sekitar 2400 an dari 6 ribu sekian di wilayah Jawa Tengah, jadi di wilayah kerja Imigrasi Semarang ini paling banyak ya hampir sepertiga dari total sejateng,” ujar Wulan.

Adapun sejak mewabahnya corona dan belum adanya penerbangan, Imigrasi Kelas I Semarang mengalami penurunan jumlah pemohon pembuatan paspor. Jika biasanya mencapai 150 pemohon per hari, saat ini turun diangka 20-50 permohon per hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00