Menyaksikan Bintang-Bintang di Desa Wisata Gondang Limbangan Kendal

KBRN, Kendal : Sebuah obyek wisata baru Lembah Nirwans di desa wisata Gondang, Kecamatan Limbangan kabupaten Kendal, Jawa Tengah,  mungkin belum banyak dikenal, karena memang relatif baru berdiri.

Kepada RRI, pengelola Lembah Nirwana Sugiarto menjelaskan, obyek wisata yang dikelolanya bersama Kelompok sadar wisata Pokdarwis Desa Gondang, sebenarnya sudah dibuka tahun lalu, tapi karena pandemi Covid 19, terpaksa ditutup.

"Lembah Nirwana saat ini sudah dibuka kembali untuk umum, terletak di ketinggian 850 mdpl," ucap Sugiarto, Rabu (29/7/2020).

Memang tidak terlalu luas hanya sekitar 8000 meter persegi, tapi ada yg menarik di lokasi wisata alam ini yaitu saat malam hari Bintang gemintang terlihat dg jelas, karena di lokasi tersebut polusi cahaya dari lampu lampu rumah warga belum terlalu banyak.

Namun untuk mendapatkan pandangan yg lebih jelas bintang bintang dilangit, pengunjung  bisa meminta petugas untuk mematikan lampu-lampu taman.

Apalagi  bulan Juli dan Agustus, langit yang cerah dalam suasana yang gelap di pegunungan yang tinggi, bintang gemintang menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Di siang hari udara  yg sejuk dan taman yang cukup asri dilengkapi 3 kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak, menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi yang menginap juga ada 3 Bungalow yg disewakan. Disamping ada aula yg sederhana, cocok untuk acara reuni maupun acara keluarga.

Lokasi wisata Lembah Nirwana memang sesuai dengan namanya terletak di tepi lembah yg curam, sehingga dimungkinkan kedepan dikembangkan menjadi Wisata petualangan (Adventure tourism).

Sementara itu, Kepala Desa Gondang Yudi Susanto menjelaskan, pihaknya akan mendukung jika ada investor yang ingin mengembangkan wisata petualang, dan untuk Camping ground bahkan utk lokasi Glamour Camping atau Glamping, serta wisata edukasi Satwa dan Fauna, karena potensi alam di desanya sangatmemungkinkan.

Untuk lokasi camping atau Camping ground, pihaknya sudah ada pembicaraan dengan pengelola Lemah Nirwana, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan Raya.

Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung industri Wisata alam  juga tidak ada masalah, melalui Pokdarwis kelompok sadar wisata masyarakat setempat siap menyongsong Desa Gondang sebagai obyek wisata alam andalan.

Yudi Susanto juga berharap dalam masa Pandemi Covid 19 ini pemerintah bersikap bijak tidak menutup Wisata alam yg dijamin zona hijau.

Jadi apa yg dikhawatirkan untuk lokasi yg sudah dipastikan hijau ? Justru penduduk kota yg terlalu lama di rumah bisa stres dan perlu refreshing menghirup udara pegunungan yang sejuk dan segar.

"Disamping itu perekonomian warga desa bisa bergerak kembali," ucap Yudi.

"Obyek wisata alam yg terkonfirnasi zona hijau sebaiknya jangan ada yang ditutup, dibuka saja tapi tetap dalam koridor protocol kesehatan Covid 19 dan ada pembatasan jumlah pengunjung." imbuhnya.

Warga kota Semarang dan sekitarnya dapat menjangkau lokasi Wisata Lembah Nirwana dengan mudah karena kondisi jalan yg mulus.

Menuju desa Gondang dari Semarang Barat bisa menggunakan jalur Krapyak - Ngaliyan dan Jalur Semarang Selatan  bisa ambil jalur Ungaran - Bandungan - Sumowono - Boja - Bantir. (dar).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00