Pangdam IV: Galakkan Pelaksanaan Patroli Gabungan Antara TNI, Polri dan Dinas Terkait Bersama Tim Gugus Tugas Covid-19

KBRN, Semarang : Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, beserta Kapolda Jateng melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Temangung  dalam rangka Simulasi TFG (Tactical floor Game)  tentang Pengamanan Kontinjensi Aman Nusa II Penanganan dan pencegahan penularan Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung, Kamis (28/5/2020) tersebut, Pangdam IV dan Kapolda Jateng didampingi Danrem 072/Pmk. Kol. Arh. Ibnu Bintang Setiawan, Asintel Kol. Kav Wiratno, Kapendam IV/Dip. Letkol Kav Susanto. 

"Pola penangan covid-19 di wilayah Jateng masing-masing harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Terutama kepada seluruh TNI yang ada di wilayah Temanggung di harapkan apabila diminta membantu Polres maka harus segera bertindak cepat dan tepat untuk mengantisipasi segala sesuatu yang terjadi," tegas Pangdam.

"Kita harus bisa mengklasterkan apabila ada salah satu warga yang terinveksi virus covid - 19 sehingga tidak terjadi status merah 1," imbuhnya.

Dengan demikian menurut Pangdam, apabila Merah 3 tidak terjadi bila merah 2 bisa diatasi. Merah 2 tidak terjadi bila merah 1 bisa teratasi dan begitu pula merah 1 bisa tidak terjadi, kita harus menyesuaikan protokol kesehatan yaitu pola hidup bersih, memakai masker, sering cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir dan keluar rumah bila perlu saja.

Pangdam IV juga menekankan supaya mulai sekarang untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Kita harus mempersiapkan perlengkapan dan tenaga medis sehingga kita bisa mengantisipasi bila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti melonjaknya pasien, semoga ini tidak terjadi dan mari kita selalu berdoa agar ini segera bisa teratasi," harapnya.

Himbauan Mayjen Effendi kepada Bupati bersinergi kepada TNI dan Polri di wilayah Kabupaten Temanggung agar sedapat mungkin memerankan seluruh instansi yang ada untuk dapat mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat tentang bahaya dan pencegahan covid -19 di wilayahnya masing- masing.

"Pelaksanaan Patroli gabungan antara TNI, Polri dan Dinas terkait selalu di galakan bersama tim Gugus tugas Kabupaten Temanggung untuk antisipasi pasien Covid-19. Maka dalam hal ini perlu dilaksanakan penataan, siapkan fasilitasnya yaitu diatur yang masuk dan keluar maupun berkumpul, karena di wilayah Kab. Temanggung masih bisa keluar masuk masyarakat luar wilayah Kabupaten Temanggung," pungkas Pangdam. (don).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00