Cegah Dini Corona, Kejari Semarang Terapkan Layanan Tilang Online

KBRN, Semarang: Sebagai upaya cegah dini penyebaran COVID-19, Kejari Kota Semarang tidak menerima pengambilan tilang secara langsung di Kantor Kejari Kota Semarang, namun dilakukan secara online.

Kebijakan online untuk meminimalisir tatap muka dan antrian yang merupakan pintu utama penyebaran corona ini, berlaku mulai Jum'at i(20/3/2020) sampai dengan waktu yang akan disampaikan kemudian.

Kepala Kejari Semarang, Sumurung Pandapotan Simaremare mengatakan pelaksanaan tilang online menjadi bentuk dukungan Kejari pada program pemerintah terhadap penangulangan penyebaran wabah corona.

“Seperti diketahui penyebaran covid ini sangat cepat sehingga yang perlu diantisipasi adalah berkumpulnya orang banyak. Apalagi ditilang pada tanggal 20 Maret ini sesuai limpahan dari penyidik tilang sejumlah sekitar 2 ribu. Bagaimana kalau antrian itu dilaksanakan tanpa melalui online. Penyebaran-penyebaran ini lebih cepet apalagi kalau jarak antrian tidak sesuai,” tutur Kajari, Jumat ( 20/3/2020)

Untuk memudahkan pelanggar dapat langsung melihat mekanisme pembayaran tilang yang tertera dalam webset kejari-kotasemarang.kejaksaan.go.id.

“Jadi telah kami sampaikan tahapan -ahapan yang mempermudah melalui online melalui webset kami dan juga brosur yang telah disedikan di depan kantor kejari,” katanya.

Adapun cara pembayaran online dapat diawali dengan mencari besaran denda tilang di webside kejari-‘kotasemarang.kejaksaan.go.id’. Kedua, mencari kode briva melalui webside ‘etilang.info’. Ketiga, membayar online dengan memasukan kode briva dengan nominal denda yang telah didapat.

"Caranya bayar ke ATM, Bank BRI, agen BRI Link, dan lainnya dengan cara menujukkan atau memasukkan kode briva anda, lakukan pembayaran sesuai denda tilang, dan simpan tanda bukti bayar tilang," ujarnya.

Setelah melakukan pembayaran, warga dipermudah dengan layanan antar bukti tilang melalui hub fast tilang dengan cara mengirimkan foto kertas tilang, bukti bayar, ktp, serta alamat lengkap dan kirim ke nomor : 082136887989.

“Ada pelaksanaan pengantaran barang bukti tilang itu, langsung ke rumah. Namun pelaksanaan itu dilakukan oleh pihak ketiga pihak lain yang harga pengantarannya ke rumah masing masing sudah flt Rp 15 ribu,” imbuhnya.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00