Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Jawa Tengah akan Menyelenggarakan Jateng Financial Expo 2019

KBRN, Semarang : Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Industri Jasa Keuangan di Jawa Tengah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (Forkom-IJK) Provinsi Jawa Tengah, Minggu (08/12) akan mengadakan kegiatan “Jateng Financial Expo 2019 (JFEx 2019)” di Taman Indonesia Kaya, Jalan Menteri Supeno, Semarang. 

"Kegiatan dengan tema “Milenial Jateng, Yuk Melek Keuangan” ini bertujuan untuk mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Provinsi Jawa Tengah, akan dibuka dengan funwalk yang diikuti oleh ratusan pelajar SMP/MTs/sederajat, Industri Jasa Keuangan dan Pemerintah Provinsi/Daerah," jelas Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Aman Santosa, kepada wartwan dalam jumpa pers di kantornya Jl. Kiai Saleh Semarang, Jumat (06/12).

Dalam acara yang akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah tersebut juga akan dilakukan pemberian berbagai penghargaan dalam rangka Gerakan Indonesia Menabung.

Menurut Aman, kegiatan tersebut akan disemarakkan pula dengan Booth yang akan diisi oleh Industri Jasa Keuangan baik perbankan dan non bank, Funwalk bersama Industri Jasa Keuangan dan Pelajar Jawa Tengah, Lomba Mewarnai anak SD kelas 3-5, Lomba Ranking 1 tingkat SMP dan MTs, Lomba selfie/vlog, E-food Festival yang diikuti oleh 40 tenant yang bekerja sama dengan pembayaran Cashless. 

Adapun salah satu latar belakang kegiatan JFEx 2019 adalah Gerakan Indonesia Menabung yang merupakan bentuk tindak lanjut atas Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (Perpres SNKI) dan Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung serta pertemuan antara Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Gubernur Jawa Tengah, serta perwakilan Industri Jasa Keuangan pada tanggal 13 September 2019. 

"Pada pertemuan tanggal 13 September 2019 tersebut telah dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Hari Indonesia Menabung Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Tengah ditunjuk sebagai pilot project Gerakan Indonesia Menabung (GIM)," ujarnya.

Secara bersama-sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dan seluruh perbankan di Jawa Tengah memberikan dukungan pada GIM di Jawa Tengah dan telah menandatangani nota kesepahaman antara Bank Koordinator, Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota pada tanggal 13 November 2019. 

"Berdasarkan data pembukaan rekening pelajar SMP/MTs hingga bulan November 2019, tercatat sebanyak 190.177 rekening atau sebesar 11,83% dari total pelajar di Jawa Tengah," ungkap Aman.

"Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Industri Jasa Keuangan berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan edukasi keuangan dan mendorong percepatan program pembukaan rekening untuk siswa/siswi di Provinsi Jawa Tengah," pungkas Aman Santosa.

Turut hadir dalam jumpa pers tersebut, Bambang Triono Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kemitraan Pemerintah Daerah OJK KR3 selaku Ketua II Jateng Financial Expo (JFEx) 2019, I Gusti Nyoman Dharma Putra Head of Consumer Retail BNI Kanwil Semarang selaku Ketua I Panitia JFEx 2019, Hari Suseno Kepala Divisi Pemasaran dan Kebijakan Dana Ritel Bank Jateng selaku Koordinator Expo JFEx 2019, dan Indra Yuheri, Direktur Pengawasan LJK OJK Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY selaku Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (Forkom- IJK) Prov. Jawa Tengah. (don).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00