Legenda Candi Gedong Songo

Kawasan_Gedongsongo.jpg

KBRN, Semarang : Candi Gedong Songo merupakan wisata sejarah yang letaknya diatas pegunungan Bandungan Kabupaten Semarang. Candi  ini peninggalan kerajaan Hindu Mataram kuno pada abad ke-8. Gedong sendiri memiliki arti bangunan, sedangkan songo sendiri berarti Sembilan.

“Candi gedong songo mempunyai sembilan candi yang tepencar-pencar, lima di antaranyanya yang ada dipusat komplek gedong songo. Dua di timur bukit dan duanya lagi berada di utara bukit, dan satu di sisi barat bukit,” ujar Luluk warga setempat.

Pegawai Candi Gedong Songo, Aisyah mengatakan, ada seorang ratu bernama Sima di sebuah kerajaan. Saat itu, Ratu Sima sedang bermimpi ditemui oleh seorang Brahmana, dan dia diajak untuk melihat sebuah pemandangan bagus diatas bukit.

“Setelah Ratu Sima bangun dari tidurnya, beliau merasa gelisah dengan mimpi pemandangan yang bagus itu, ratu bercerita dengan para pengawalnya, dan pengawalnya berfikiran mungkin itu sebuah petunjuk bagaimana kita harus berbuat baik, pada saat itu, lalu berkata bagaimana jika kita mewujudkan itu?” ujar Aisyah, bercerita.

Selanjutnya, Ratu Sima berencana untuk mewujudkan keinginan itu, akhirnya beliau membuat sebuah tim, ditunjuklah Resi Salokantara dan Resi Watangrono, untuk mencari lokasi yang strategis dan cocok untuk membangun. Setelah berbulan-bulan menysusuri bukit, Resi Watangrono merasa butuh petunjuk akhirnya beliau bertapa.

‘'Menunggu Resi watangrono bertapa Salokantara berjalan menyusuri bukit, hingga Salokantara sudah menemukan tempat yang strategis tiba-tiba Watangrono datang dengan Marah, dan mereka berdua sempat bertengkar lalu, Salokantara mengalah, akhirnya beberapa saat kemudian Salokantara menemukan tempat yang berul strategi akhirnya dibangunlah candi itu hingga selesai,” tuturnya. 

“Sebelum menemukan tempat yang terakhir ini mereka memperebutkan sebuah tempat, dan sempat sudah membangun hamir setngah pembangunan, namun ternyata lokasinya jarang air, banyak pengawal dan warga yang membantu pembangunan mati ditempat,” jelasnya.

Harga Tanda Masuk (HTM) hari biasa Rp 10 ribu, weekend Rp 15 ribu, dan untuk turis Rp 75 ribu per orangnya. Untuk jelasnya mengenai sejarah dan legenda Gedong Songo. Di gedong songo sendiri ada fasilitas bioskop untuk menayangkan legenda gedong songo, dan wisata-wisata di Kab.Semarang. untuk bioskop buka hari jumat hingga minggu,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar