Berburu Sunrise Di Punthuk Setumbu

Tika, wisatawan asal Yogyakarta mengabadikan sunrise di Phuntuk Setumbu Kamis (23/6/2022)

KBRN, Magelang: "Perjalanan Menuju Nirwana" Punthuk Setumbu. Ungkapan ini tertulis di papan nama objek wisata yang berjarak sekitar empat kilometer dari Candi Borobudur itu

Keindahan Punthuk Setumbu diibaratkan dengan surga, karena menawarkan panorama alam nan menakjubkan. Hamparan pepohonan hijau bergerombol membuat siapapun yang memandang akan terasa sejuk dan damai.

Punthuk Setumbu adalah bukit yang terletak di Dusun Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang. Tepatnya berada di belakang Candi Borobudur. Penamaan objek wisata itu disesuaikan dengan posisi bukit atau punthuk yang berbentuk bulat. 

"Nama setumbu dalam istilah Jawa berarti tempat lumbung padi. Nama itu diambil berdasarkan cerita nenek moyang setempat," ungkap Habib seorang pemandu wisata Punthuk Setumbu Kamis (23/6/2022)

Salah satu daya tarik Punthuk Setumbu adalah fenomena matahari terbit. Ratusan wisatawan berburu sunrise. Saat fajar tiba, matahari akan muncul di antara dua gunung Merapi dan Merbabu. Menjadi sebuah fenomena alam yang indah dan luar biasa. Cahaya kuning keemasan perlahan akan muncul tepat di tengah-tengah.

"Luar biasa menakjubkan menyaksikan terbitnya matahari dari dua gunung seperti lukisan yang sangat indah," ungkap Tika seorang wisatawan dari Yogyakarta 

Tidak hanya itu, saat pagi datang kabut yang menyelimuti candi akan perlahan memudar seiring dengan terbitnya matahari. Saat itulah, Candi Borodubur seolah muncul dari dalam kabut. Bias cahaya matahari pagi menyinari candi yang masih berselimut kabut tipis, menyuguhkan pemandangan eksotis dan cenderung terasa mistis. Selain itu, juga tampak Gereja Ayam yang menjadi lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.

Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus membayar tiket sebesar Rp 20.000,- serta melewati jalan menanjak yang cukup tinggi. Sejumlah wisatawan harus berkeringat saat mencapai lokasi, namun terbayar saat sampai di tujuan.

"Meski sedikit capek namun terbayar saat melihat pemandangan matahari terbit yang begitu menakjubkan," ungkap Sandi, wisatawan dari Semarang.

Selain pemandangan sunrise, Punthuk Setumbu juga menyuguhkan spot swafoto dengan latar pemandangan alam yang masih asri. Berupa hamparan pepohonan hijau serta pemandangan pegunungan Menoreh di sisi Selatan.

"Spot fotonya sangat menarik untuk konten di media sosial," kata Ana wisatawan dari Semarang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar