Mancing Asyik di Pantai Tirang

KBRN, Semarang : Pantai Tirang merupakan destinasi wisata di Kota Semarang. Selain menikmati keindahan alam, wisatawa  juga bisa memancing pada pantai tersebut. Lebih dari 100 orang yang datang untuk memancing di kawasan Pantai Tirang.

Di Pantai Tirang, pemancing dapat memilih kelaut dengan menyewa kapal atau memilih spot di tepi laut bahkan di rumpon yang juga banyak tersedia di lokasi tersebut.

Bagi yang memilih untuk memancing ke laut, cukup siapkan uang Rp 200 – 300 ribu untuk sewa kapal. Bagi anda yang tertarik untuk mancing di rumpon anda cukup menyiapkan uang Rp 10 ribu rupiah untuk jasa antar menggunakan perahu pulang pergi ke rumpun dan Rp 10 ribu untuk sewa rumponnya.

Ketua Pengelola Pantai Tirang Dio Hermansyah Bakri mengatakan, Pantai Tirang ini kondisinya masih alami, menjadi spot favorit pemancing yang tidak hanya datang dari Semarang, namun juga dari luar kota.

“Bulan Februari, Maret, April hingga Oktober biasanya akan banyak pemancing ikan kakap putih,” ucap Dio kepada RRI Sabtu (8/1/2022).

Dio menjelaskan, para pemancing akan memperhatikan pasang surut air laut, para pemancing umumnya mencari ikan kakap, ikan kerapu, ikan baronang, termasuk ikan bandeng dan ikan kiper. Terdapat juga potensi spot ikan belanak yang bisa dipancing tanpa terpengaruh pasang surut air.

Di Pantai Tirang juga terdapat penjual umpan seperti udang hidup dengan berbagai ukuran.

Sementara itu, Siswanto pemancing yang ditemui d kawasan pantai tirang mengatakan, akses ke pantai tirang sangat mudah dan potensi dapat ikannya lebih besar dibanding tempat lainnnya.

“Jika mancingnya tidak berhasil bisa sambil wisata,” ucap Siswanto sambil tertawa.

Siswanto bersama rekannya sering menghabiskan waktu untuk memancing ikan belanak di kawasan pantai tirang. Menurutnya, ikan belanak lebih mudah dan tidak mahal karena umpannya cukup menggunakan panir. Dia rata-rata mendapatkan 2 kg ikan belanak jika mancing dari pagi hingga sore.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar