Liburan Nataru, Pengunjung Ketep Pass Melonjak

KBRN, Magelang : Angka kunjungan wisatawan ke obyek wisata Ketep Pass di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang  pada liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 cukup tinggi.

Yakni, mencapai 3.000 wisatawan atau melampaui target yang ditentukan pengelola sebanyak 2.500 orang.

“Meskipun jumlah wisatawan melampaui target, tetapi masih di bawah kapasitas yang diperbolehkan oleh Pemkab Magelang, yakni sebanyak 75 persen dari kapasitas,”kata Kepala Bagian Pemasaran Badan Pengelola Objek Wisata Ketep Pass, Edwar Alfian, Selasa (4/1/2022).

Edwar mengatakan, peningkatan wisatawan ke objek wisata yang menjual panorama alam Gunung Merapi dan Merbabu tersebut terjadi sejak 25 dan 26 Desember 2021 sebanyak 1.500 pengunjung

Kemudian, pada 27 Desember melonjak hampir menyentuh angka 2.000 pengunjung. Lalu, menjelang pergantian tahun, jumlah wisatawan yang datang juga hampir mencapai 2.000 orang.

“Puncaknya, pada 1 Januari 2022,mencapai 3.000 orang dan  pada 2 Januari  2033, tercatat sekitar 2.500 orang yang berkunjung,”katanya.

Menurutnya, capaian wisatawan yang berkunjung ke Ketep Pass pada liburan tahun baru ini, merupakan rekor tersendiri dibandingkan pada dua tahun lalu.

Ia menambahkan, meskipun terjadi peningkatan kunjungan wisatawan, namun tidak sampai melebihi kapasitas yang ditentukan oleh pemerintah yakni sebesar 75 persen dari kapasitas.

Selain itu, membludaknya kunjungan tersebut  tidak sampai menimbulkan penumpukan pengunjung di dalam kompleks objek wisata yang diresmikan oleh Presiden RI kelima  Megawati Soekarnoputri, pada 17 Oktober 2002 silam.

Bahkan, pihaknya juga sempat menolak kunjungan calon wisatawan ke Ketep Pass sekitar 25 persen, karena para pengunjung tersebut  tidak bisa memenuhi persyaratan, seperti belum divaksin minimal dosis pertama atau tidak bisa menunjukkan kartu vaksin.

“Pengunjung yang terpaksa harus kami putar balikkan sekitar 25 persen. Karena, tidak bisa menunjukkan  kartu serifikat vaksin,” kata Edwar yang juga Ketua  Forum Daerah Tujuan Wisata Kabupaten Magelang.

Diakuinya, dengan membludaknya angka kunjungan wisata ke Ketep Pass tersebut, terjadi kemacetan lalu-lintas di sekitar lokasi wisata itu. Hal itu disebabkan, lahan parkir yang disediakan  sangat terbatas.

Sedangkan, pada liburan tahun baru tersebut, jumlah kendaraan motor roda dua yang masuk saat  mencapai 400 unit. Sedangkan roda empat mencapai 200 unit. Sehingga, kendaraan terpaksa dialihkan ke beberapa lokasi lain. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar