Pameran Foto 65 Tahun Hubungan RI -Vietnam

Pembukaan pameran Foto, 65 th Hubungan Bilateral RI Vietnam

KBRN, Yogyakarta : Hubungan bilateral Republik Indonesia (RI) dan Republik Sosialis Vietnam telah berlangsung selama 65 tahun. Hubungan yang terjalin pun makin erat, tidak hanya sekadar terjadi di level pemerintah kedua bangsa.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X yang hadir secara daring, mengikuti acara Peringatan Hubungan Bilateral RI-Vietnam ke-65 di DIY dan pembukaan pameran foto yang diadakan di Grhatama Pustaka, Yogyakarta, dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin, (7/12/2020).

Dalam sambutannya, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X mengatakan, hubungan diplomatik RI-Vietnam diawali dengan pembukaan Konsulat Republik Indonesia di Hanoi pada 30 Desember 1955. Selanjutnya, kantor ini menjadi Kedutaan Besar Republik Indonesia pada 10 Agustus 1964.

“Saling kunjung antara bapak pendiri bangsa dari kedua negara menjadi momentum yang sangat bersejarah. Bulan Februari-Maret 1959, Presiden Ho Chi Minh berkunjung ke Indonesia dan pada Juni tahun yang sama Pesiden Soekarno melaksanakan kunjungan balasan,” urainya.

DIY sendiri turut mengambil peran dalam peristiwa bersejarah kedua negara. Saat kunjungannya ke Indonesia, Ho Chi Minh bahkan meluangkan waktu khusus ke Yogyakarta dan bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

“Saya mengapresiasi pameran foto peringatan 65 tahun Hubungan Bilateral Republik Indonesia-Vietnam kali ini di Yogyakarta. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Yogyakarta sebagai wujud komitmen mendukung kemitraan strategis antara kedua negara,” lanjutnya.

Selanjutnya : Pergolakan Politik ASEAN

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00