Bripka Candra, Relawan Pemakaman Covid-19 yang Ditentang Keluarga

KBRN, Grobogan : Kegigihan Bripka Candra Ady Susanto patut diapresiasi. Personel Bhabinkamtibmas Kalirejo, Polsek Wirosari itu rela berpanas-panasan dengan alat pelindung deri demi memakamkan warga yang meninggal terpapar Covid-19.

Sudah empat kali, Bripka Candra ini turun langsung bersama tim pemakaman Covid-19 di Desa Kalirejo. Meski sempat ditentang istri dan keluarga, Bripka Candra tetap melakukan tugas yang dianggapnya sebagai perbuatan mulia.

“Sempat ditentang istri dan orang tua, mereka takut saya tertular, tapi setelah saya berikan pengertian kalau ini tugas yang mulia. Kasihan kalau jenazah nggak segera dimakamkan karena harus menunggu antrean, makanya saya ikut dalam tugas ini,” jelas Bripka Candra yang memang berprinsip harus siap menjalankan tugas yang diamanahkannya itu.

Candra mengaku dengan tugas mulia ini, dirinya merasa ada pesan moral yang ingin disampaikan kepada masyarakat.  Setiap kali bertemu dengan warga, dia mengingatkan pentingnya protokol kesehatan (prokes). Sebab, prokes yang baik ikut membantu menurunkan angka Covid-19.

“Masyarakat memang banyak yang ngeyel atau tidak percaya akan adanya Covid-19, tapi setelah kami edukasi bersama tim dari PPKM Desa Kalirejo, yang  meliputi Babinkamtibmas, Babinsa dan kepala desa, akhirnya memahami dan bisa menerima pemakaman secara prokes,” jelasnya.

Setelah dilakukan edukasi, banyak warga yang patuh terhadap protokol kesehatan. Edukasi yang diberikan Bripka Candra ini berupa sosialisasi 5M. “Kami juga membantuk tim pemakaman mandiri di Desa Kalirejo,” ujarnya.

Candra merupakan satu contoh dari seluruh anggota Bhabinkamtibmas yang masuk dalam tim pemakaman Covid-19. Meski sempat ditentang keluarganya, dia tetap berkomitmen untuk melayani warga masyarakat di desa binaannya, Desa Kalirejo.

                                                                  

                            

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00