Mantan Kadinkes Blora Juara Nasional Pasangan KB Lestari 20 Tahun

KBRN, Blora : Mantan Kepala  Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Blora Lilik Hernanto menorehkan prestasi membanggakan. Meski sudah purna tugas, ia tetap saja mengharumkan tanah kelahirannya.

Baru-baru ini, ia bersama isterinya, Emi Ratnawati terpilih menjadi juara nasional pasangan Keluarga Berencana (KB) Lestari 20 tahun yang digelar dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2021. 

Bapak dua anak ini sempat tidak percaya  jadi juara nasional. Selain prosesnya lama, peserta lomba juga diikuti hampir 28 provinsi di Indonesia. 

"Sempat kaget, karena prosesnya lama ya, sudah dua bulanan. Diumumkan Selasa 15 Juni kemarin, dapat juara satu nasional kategori pasangan KB lestari 20 tahun," kata Lilik saat ditemui di rumahnya, Jumat (18/6/2021). 

Dijelaskan Lilik, lomba pasangan KB Lestari 20 tahun itu digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat. 

Ada empat kategori, pertama Petugas Lapangan Keluaraga Berencana (PLKB) PNS, dua PLKB non PNS, tiga Institusi Masyarakat Pedesaan/ Perkotaan (IMP) yang peduli KB, dan keempat Pasangan KB Lestari lebih dari 20 tahun, melalui daring atau online. 

"Kebetulan Blora saya ditunjuk, saya dan istri KB sudah lebih dari 20 tahun, bahkan hampir 24 tahun seusia anak saya kedua," bebernya. Perlombaan sendiri digelar secara daring hampir tiga bulan lamanya.

Dia menjadi satu-satunya calon yang diusulkan oleh Pemkab Blora. Selama perlombaan mulai tingkat propinsi hingga nasional ia selalu masuk dalam tiga besar. 

Tiga besar itu dari perwakilan Gorontalo, Bali, dan Jawa Tengah. Setelah itu diuji lagi melalui daring pula soal seputar pengalaman tentang KB, stunting, kematian ibu dan anak.

"Mungkin pertanyaannya ngepasi saja, kan saya sudah lama bergelut di dunia kesehatan, istri saya juga di dunia kesehatan.  Dan tiga hari lalu pengumuman dapat juara pertama," ungkapnya. 

Atas prestasinya ini, ucapan selamat pun datang dari sejumlah rekan sesama pejabat di Lingkungan Pemkab Blora. Termasuk Bupati Blora, Arif Rohman yang memberikan ucapan selamat melalui pesan singkat. 

"Bapak Bupati kemarin juga kasih ucapan selamat. Mungkin saya ini satu-satunya peserta yang bisa juara nasional di lomba ini," ucapnya sambil tersenyum. (Ramananda)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00