Puluhan Pelajar SMP/ MTS Belajar Robotik ke SMK Anuronniyah Sulang

KBRN, Rembang : Puluhan siswa setingkat SMP mengikuti seminar dan workshop robotik di SMK Annuronniyah Sulang , Sabtu (16/11/2019). Dalam kegiatan tersebut para siswa diberikan pemahaman apa itu revolusi 4.0 oleh Direktur Sirobo UNDIP Semarang Ahmad Rofiq.

Pembelajaran menggunakan Sirobo Ayo, robot yang pemrogramannya memakai android.Dari segi harga pun cukup terjangkau jika dibandingkan dengan robot merk lain dengan spesifikasi yang sama.

Ali Sodikin Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Annuronniyah Sulang mengatakan bahwa sekolahnya telah ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi sekolah rujukan dengan kompetensi robotik yang dimasukkan ke jurusan Teknik Audio Video.

Sedangkan kegiatan kali ini bertujuan untuk mengenalkan dunia robotik lebih dini kepada siswa, yakni siswa SMP. Yang nantinya bisa dikembangkan saat naik ke tingkat SMK. Pihaknya siap untuk melakukan pendampingan bagi sekolah sekolah SMP yang berminat dengan pembelajaran robotic.

“Kita siap mendampingi dna kita juga ingin menjadi pioner pengembangan ronotik di Rembang. Untuk mengembangkan robot ini butuh waktu yang cukup lama. Nanti bisa berlanjut ke ekstrakulikuler di SMP, nanti meningkat di SMK dan perguruan tinggi,” ungkapnya.

Sejak tahun 2019 ini SMK Annuronniyah telah memasukkan program robotika ke mata pelajaran produk kreatif pada jurusan Teknik Audio Video untuk kelas X dan XI.

Siswa dari MTS Arrohman 1 Bulu, Sri Indah Utami mengaku tertarik dengan pengenalan robotik. Ia ingin belajar lebih jauh tentang robot.

“Selama ini belum pernah tau bagaimana cara kerja robot. Ya senang, ingin juga ada ekstrakulikuler robotik di sekolah, “ ujarnya.

Kegiatan workshop dibagi menjadi 2 sesi, yakni teori dan praktek. Selama workshop berlangsung para siswa yang didampingi gurunya terlihat antusias mencoba robot- robot yang disediakan oleh panitia. (Mifta)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00