Puncak Haul Sunan Ponok Blora Siap Digelar

KBRN, Semarang : Puncak event wisata religi Haul Sunan Pojok Blora siap digelar Jumat petang (27/9/2019) besok, yang akan dilaksanakan dengan pengajian akbar di depan komplek Makam Sunan Pojok, selatan Alun-alun Blora.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, Kamis siang (26/9/2019), ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) telah memadati akses jalan utama menuju makam. Mereka berada di Jl.Alun-alun Selatan, Jl. MR Iskandar, Jl. Kenanga, dan Jl. Gatot Subroto.

Sejumlah petugas juga sedang sibuk mendirikan tenda dan panggung untuk pengajian akbar, tepat di Jl.MR Iskanda (depan komplek Makam Sunan Pojok) hingga depan komplek pujasera Koplakan.

Sedangkan di dalam komplek makam, beberapa pengunjung mulai berdatangan untuk berziarah, mengirimkan doa untuk Sunan Pojok dengan membaca Surat Yasin dan Tahlil.

Ketua Panitia Haul Sunan Pojok, Drs. Suryanto, M.Si ketika dihubungi, menjelaskan bahwa rangkaian inti Haul Sunan Pojok akan dimulai Kamis malam hingga puncaknya Jumat malam (besok).

“Pagi ini kita mempersiapkan untuk acara nanti malam, yakni Khotmil Qur’an bin Nadhor yang akan dilaksanakan pukul 20.00 WIB, yang dilanjutkan dengan upacara pembukaan dan penggantian kain kelambu makam,” ucap Suryanto.

Sementara itu, untuk kegiatan hari Jumat (27/9/2019) akan dilaksanakan Khotmil Qur’an bil Ghoib mulai pukul 06.00 WIB.

Selanjutnya, Jumat siang (27/9/2019) mulai pukul 13.00 WIB akan dilaksanakan tahlil umum, doa khotmil qur’an, dan tausyiah umum yang akan disampaikan oleh KH Agus Said Ali dari Kabupaten Tuban (Jatim).

"Puncaknya nanti pengajian akbar, besok Jumat malam (27/9/2019) mulai 20.00 WIB bersama KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) dari Kabupaten Sidoarjo (Jatim). Bapak Bupati, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda juga kami undang,” lanjutnya.

Pihaknya memprediksi ribuan peziarah akan datang silih berganti dalam rangkaian Haul Sunan Pojok ini. 

Bahkan khusus untuk pengajian umum, sepanjang jalan depan Makam Sunan Pojok akan dikosongkan dari PKL karena akan digunakan untuk lokasi jamaah.

Adapun panggung pengajian didirikan di depan Pujasera Koplakan.

Srihati, salah satu pedagang jenang mengaku sudah datang ke Blora sejak Selasa (24/9/2019) lalu bersama rombongan lainnya.

"Nanti akan jualan sampai hari Sabtu. Ini sudah rutin tahunan. Sebelumnya kita juga jualan di Haul Ngampel, Blora utara arah Rembang sana. Berburu rejeki dari para peziarah,” ucap Srihati.

Guna kelancaran acara, Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Blora juga melakukan pengalihan arus lalu lintas. Arus dari timur (Jl.Pemuda) sebelum masuk Alun-alun dibelokkan ke selatan (Jl.Sumodarsono), dan ke utara (Jl.Tentara Pelajar). 

Jl.Kenanga juga ditutup. Sedangkan dari selatan, akses ke utara di Jl.MR Iskandar ditutup dari perempatan GNI.

Adapun dari arah barat (Jl.Gatot Subroto) ditutup dari perempatan Bank Panin. Kendaraan dilarang masuk kecuali parkir untuk menghadiri Haul Sunan Pojok. (Don).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00