Rumah BUMN Rembang Wadahi UMKM dan Pemuda Berkreasi

KBRN, Rembang : Kabupaten Rembang kini memiliki Rumah BUMN yang berfungsi sebagai rumah kreatif bersama. Berlokasi di tepi jalan pantura persis di bagian barat halaman parkir Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang, Rumah BUMN sangat strategis dan mudah dijangkau.

Tempat digagas oleh PT.Semen Gresik itu kini sudah banyak dikunjungi orang, entah untuk keperluan belanja, berdiskusi atau beraktivitas anak muda. Disana berbagai produk UMKM Rembang telah dipajang dan dijual dengan harga langsung dari produsen.

Bangunan yang pernah digunakan sebagai rumah makan itu sendiri merupakan aset Pemkab Rembang, yang disewa oleh PT. Semen Gresik Pabrik Rembang dan dijadikan Rumah BUMN. Bangunan itu kemudian ditata hingga menelan biaya Rp 1 Milyar lebih.

Yeni Indah Lestari, Institutional Relations Officer PT. Semen Gresik Pabrik Rembang mengatakan sejak dibuka 17 Agustus 2020, Rumah BUMN menjadi tempat memasarkan produk-produk UMKM. Mulai produk makanan hingga kerajinan. 

Selain untuk membantu pemasaran produk UMKM, di Rumah BUMN juga menyediakan fasilitas tempat pelatihan, ruang pertemuan, tempat kongkow warung kopi, dan mushola.

Yeni menyebut selama 3 pekan di bulan September, Rumah BUMN sudah membukukan nilai transaksi Rp 33 Juta. 

Ia mempersilahkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan Rumah BUMN, karena sejatinya merupakan rumah bersama untuk berkumpul dan berkreasi.

Okta Virasa pengrajin rajut dan ecoprint mengapresiasi adanya rumah BUMN Rembang tersebut. Sebagai pelaku UMKM menurutnya memang perlu adanya tempat yang dapat menampung berbagai produk UMKM di Rembang maupun sebagai tempat berkreasinya anak- anak muda.

"Kalau menurutku sangat membantu UMKM, artinya kitakan bisa pajang display produk disana. Seperti aku ini sudah banyak orderan dari semen gresik dan lainnya, " tuturnya.

Sedangkan salah satu videografer, Doddy mengakui rumah BUMN sangat cocok untuk aktivitasnya. Di sana dirinya bisa nongkrong sekaligus bekerja , karena ada fasilitas wifi yang kesecapatannya mendukung. (MCS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00