Polrestabes Dan Pemkot Semarang Lakukan Sidak Jelang New Normal

KBRN, Semarang : Jajaran Polrestabes Semarang dan TNI lakukan pantauan menuju kondisi New Normal dimasa pandemi Covid -19.  Pantauan berlokasi di Java Mall dan pasar Peterongan Semarang.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Auliansyah Lubis mengemukakan, pantauan meliputi pelaksanan protokoler kesehatan Covid -19 ditempat kerumunan massa. Pemberlakuan sosial distance dan pengunaan masker menjadi perhatian utama.

"Apabila dilakukan bersama-sama secara masif dalam meningkatkan edukasi kepada masyarakat, kehidupan normal baru dengan cara berfikir yang baru dan pola hidup yang baru artinya lebih baik lagi dalam hal menjaga kesehatan,” pungkasnya. Rabu, (27/05/2020).

Ditempat yang sama Kepala Dinas kesehatan  Kota Semarang dr. Moch Abdul Hakam menerangkan, sedang mengintensifkan rapid test dibeberapa tempat keramaian dalam rangka menuju "New Normal". 5000 rapid test dan tiga rumah sakit rujukan swab telah disiapkan untuk mengecek keamanan warga Semarang dari Covid -19. Menurutnya, keamanan tempat publik dari Covid -19 menjadi tolak ukur penerapan New Normal. 

"Kami sudah mengelar rapid test di 3 mall, untuk diparagon hasil swabnya negatif semua. Di ADA Swalayan rapid testnya semua negatif, sementara tadi baru kami gelar di Java Mall," ujarnya.

Dijelaskan Dr. Hakam, dari hasil rapid tes akan dilakukan uji swab. Jika terdapat yang menunjukan positif Covid -19, tempat keramaian tersebut akan ditutup.

"Jika dari rapid test hasil swabnya positif Covid -19, tempat keramaian tersebut akan kami tutup dan dilakukan tracking," imbuhnya.

Diterangkan, tempat keramaian yang tidak menerapkan protokoler kesehatan secara disiplin menjadi prioritas pemeriksaan rapid test. Kedepannya, semua tempat keramaian diupayakan untuk digelar rapid test.

"Kami pastikan dulu semua tempat keramaian aman dari Covid -19 sebelum New Normal diterapkan," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00