Sejumlah Bahan Kebutuhan Pokok Di Kudus Mengalami Kenaikan

KBRN, Kudus : Bupati Kudus HM Hartopo memantau sejumlah harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Tradisional Brayung di Kecamatan Mejobo Kudus, Kamis (21/4/2022). Dalam pantauannya itu, Hartopo menemukan adanya kenaikan harga pada sejumlah komoditas pangan.

Adapun komoditas tersebut di antaranya, daging, ayam pedaging dan kampung, bawang merah dan putih, minyak goreng serta kemiri. Kenaikan yang paling tinggi, kata dia, adalah di harga ayam pedaging yang naik dua kali lipat.

Untuk satu kilo ayam pedaging kini berkisar di Rp 40 ribu dari harga sebelumnya yang cuma Rp 28 ribu. 

“Harga lebaran, jadi kenaikannya kenaikan hari raya, nanti setelahnya bisa turun juga bisa naik lagi, tapi kami harapkan turunlah,” kata Hartopo, Kamis (21/4/2022).

Agar harganya bisa terkendali kembali, dia pun meminta Dinas Perdagangan untuk berkoordinasi dengan distributor supaya tidak menaikkan harga terlalu banyak. 

“Kalau di sini kan ambil dagangannya dari Pasar Bitingan nanti kami tekan dari sana, distributornya juga nanti supaya kalau naik jangan banyak-banyak, kasihan masyarakat nanti,” pungkasnya.

Salah satu pedagang bahan pokok, Muntamah mengatakan kenaikan harga mulai terjadi dalam beberapa hari terakhir. Adapun komoditas yang merangkak naik di antaranya bawang merah dari harga Rp. 20 ribu menjadi Rp. 30 ribu per kilo.

Kemudian telur ayam negeri naik menjadi Rp 26 ribu per kilonya dari harga awal Rp 24 ribu. Untuk bawang putih juga mengalami kenaikan per kilonya dari Rp 30 ribu menjadi Rp 34 ribu.

Selanjutnya untuk gula putih, naik dari harga Rp 12 ribu menjadi Rp 14 ribu. Tepung terigu kemasan, naik dari harga Rp 10 ribu ke Rp 12 ribu. Sementara tepung biasa naik dari Rp 8 ribu ke Rp 10 ribu.

“Minyak kemasan juga masih mahal, harganya saat ini Rp 25 ribu per liter,” pungkasnya. (RK)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar