Harga Kebutuhan Pokok di Kudus Mulai Merangkak Naik

KBRN, Kudus : Harga beberapa kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional di Kudus, pada pekan ini cenderung stabil. Namun, beberapa komoditas ada yang harga jualnya naik.

Menurut salah seorang pedagang di Pasar Bitingan Kudus Asiyani, Jumat (8/4/2022), mayoritas harga kebutuhan pokok masyarakat stabil, kecuali bawang putih hari ini  harga jualnya mulai naik menjadi Rp 36.000 per kilogram dari harga jual sebelumnya dijual Rp 30.000/kg.

Informasinya, kata dia, harga jual komoditas impor tersebut akan naik lagi karena dari pedagang grosir sudah mengingatkan akan adanya kenaikan lagi dalam waktu dekat.

Untuk harga jual komoditas lain, seperti bawang merah, cabai, kentang, wortel, minyak goreng, gula pasir, gula merah dan kebutuhan lainnya cenderung stabil.

Khusus untuk minyak goreng kemasan, kata dia, pasokan mulai lancar, namun pembelinya menurun karena harga jualnya cukup tinggi mencapai Rp 27.000 per liter dari harga sebelumnya hanya Rp 14.000/liter.

Eni Handayani, pedagang lainnya mengakui mahalnya harga minyak goreng kemasan berdampak pada omzet penjualan menjadi menurun. Terlanjur kulakan dalam jumlah banyak, ternyata penjualannya minim sehingga berbeda dengan sebelumnya stok berapapun dalam waktu cepat bisa habis.

"Pasokan minyak goreng memang mudah, namun yang sulit menjualnya," ujarnya.

Untuk harga komoditas lainnya, kata dia, cenderung stabil, sedangkan yang mengalami kenaikan hanya bawang putih. Seperti cabai merah dijual Rp 25.000/kg, cabai rawit putih Rp 10.000/kg, cabai setan Rp 30.000/kg, dan telur Rp 26.000/kg.

Sementara harga jual bawang merah dijual Rp 25.000/kg untuk ukuran kecil dan ukuran besar dijual Rp 35.000/kg, wortel dijual Rp 12.000/kg, serta harga kentang dijual Rp 15.000/kg. (RK)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar