Kunjungan Candi Borobudur Meningkat, Indutri Kreatif Kerajinan Bertumbuh

KBRN, Magelang : Penetapan Candi Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)  menjadi salah satu faktor pendorong tumbuhnya industri kreatif kerajinan di Kabupaten Magelang

“Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur dan adanya media pemasaran digital untuk membuka akses pasar secara langsung. Selain itu, tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mencintai dan membeli produk kreatif kerajinan dalam negeri,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang Christanti Zaenal Arifin pada acara pembukaan Dekranasda Expo Tahun 2021 di lapangan Soepardi, Kota Mungkid, Jumat (26/11/2021).

Christanti mengatakan, untuk dapat bersaing di pasar nasional dan global, para perajin UMKM di Kabupaten Magelang dituntut untuk terus meningkatkan kreatifitasnya, kualitasnya. Selain itu juga memperbaiki management usahanya, sehingga ketika usaha ini berkembang lebih baik.

Christanti juga meminta dukungan kepada pemerintah daerah  untuk membantu para pelaku UMKM, salah satunya dengan penggunaan batik lokal.

"Harapannya ini bisa terus dipelihara, sehingga kita bangga dengan produk lokal. Siapa lagi yang bisa menaikan UMKM kita ini naik kelas kalau bukan kita sendiri. Maka saya mengajak segenap jajaran di Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dan juga masyarakat untuk menggunakan produk lokal," ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang, Sukamtono melaporkan, tujuan  diselenggarakan  Dekranasda Expo 2021  tersebut, yakni untuk memunculkan kreativitas dalam bidang desain busana dan pembuatan video. Selain itu, sebagai salah satu media  promosi potensi daerah, peluang potensi produk kriya, serta memasarkan produk-produk kriya.

Dekranasda Expo 2021 kali ini mengangkat tema Kondang Kaloka Kerajinan  Kabupaten Magelang yang bertujuan untuk  perluasan jaringan pemasaran.

Kegiatan lainnya  yang dilaksanakan antaranya, lomba desain busana batik, lomba desain kain perca tema kasual, lomba video dengan tema kerajinan, dan talk show. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar