Pemprov Jateng Siapkan Rp 69, 7 M Untuk Optimalisasi Kualitas dan Kuantitas UMKM

KBRN, Semarang : Sebanyak 137 ribu pelaku UMKM  telah mendapat pembinaan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Provinsi Jawa Tengah, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pelaku UMKM tersebut, kedepan terus ditingkatkan kualitasnya melalui program UMKM naik kelas.

“Pembinaan dilakukan mulai dari pembuatan produk, legalitas hingga pemasaran,"  kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah Bima Kartika, seusai menjadi pembicara diskusi tentang UMKM di Universitas Diponegoro Semarang, Senin (11/3/2019).

Pembinaan dilakukan dengan menggelar pelatihan, mulai dari pemilihan produk yang akan dibuat, penyediaan bahan baku, sertifikasi dari Balai Pom dan lokasi

pemasarannya. Sedangkan untuk meningkatkan pemasaran UMKM Jawa Tengah, Pihaknya telah memasarkan produk UMKM di area strategis seperti bandara dan rest area.

“Kami telah bekerjasama dengan Bandara Ahmad Yani Semarang, dengan membuka galery yang memasarkan 760 produk UMKM dari Jawa Tengah," tandasnya.

Diungkapkan pula, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UMKM, setiap tahun meningkatkan anggaran untuk peningkatan kualitas dan kuantitas UMKM.

“Tahun ini anggaran untuk peningkatan kualitas dan kuantitas UMKM di Jawa Tengah sebesar 69 Miliar rupiah, naik jika dibanding tahun 2018 lalu, yakni 59 miliar,” imbuhnya.

Sementara itu untuk jumlah total pelaku UMKM di Jawa Tengah mencapai 13, 7 % atau sekitar 4, 8 juta dari 35 juta jumlah penduduk. 

“Harapannya, semakin banyak pelaku UMKM di Jawa Tengah, semakin banyak pula lapangan pekerjaan, sehingga berdampak pada penurunan angka kemiskinan,” pungkas Bima Kartika. (din/don).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00